FOLLOW US:


Fakta Perjalanan Andres Iniesta bersama Barcelona

25-05-2018 11:09
Fakta Perjalanan Andres Iniesta bersama Barcelona
Andres Iniesta dan Lionel Messi. © AFP

Bola.net - Andres Iniesta telah resmi meninggalkan Barcelona. Ia sekarang bergabung dengan klub Jepang, Vissel Kobe.

Andres Iniesta diberitakan bakal diikat dengan kontrak berdurasi tiga tahun. Manajemen Vissel Kobe rencananya akan mengumumkan saga transfer ini pekan depan.

Kepergian Iniesta tentunya masih menyisakan duka bagi para penggemar Barcelona. Sosok 33 tahun itu dianggap sebagai salah satu kunci keberhasilan tim Catalan meraih kejayaan selama sedekade terakhir.

Liga Champions, La Liga, hingga Piala Dunia Antarklub, merupakan beberapa dari seluruh trofi yang sukses diraih Iniesta. Latar prestasi mentereng itulah yang membuat sang pemain layak dijuluki legenda Barcelona.

Andres Iniesta pun bakal dikenang karena telah menjadi bagian dalam sejarah Barcelona. Berikut adalah catatan perjalanan karier sang pemain di skuat Catalan:

674 - Iniesta membukukan 674 penampilan bersama Barcelona di berbagai kompetisi. Jumlah itu membuatnya menghuni urutan kedua setelah Xavi Hernandez (767), dalam daftar pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Barcelona.

459 - Dar1 674 pertandingan, Iniesta telah 459 kali meraih kemenangan. Statistik kemenangannya pun mencapai 68,1 persen.

18 - Iniesta berumur 18 tahun 170 hari ketika melakoni debut dengan Barcelona di Liga Champions. Club Brugge merupakan lawan yang dihadapi dia pada Oktober 2002.

9 - Iniesta memenangi sembilan gelar La Liga dalam 16 musim kiprahnya.

116 - Mungkin momen terbaik dalam karier Iniesta adalah pada menit ke-116. Pada menit itu, dia mencetak satu gol ke gawang timnas Italia sehingga mengantarkan Spanyol merengkuh trofi Piala Dunia 2010. Iniesta pun menjadi man of the match karena aksi heroiknya tersebut.

9 - Andres Iniesta telah ditangani sembilan pelatih berbeda di Barcelona. Dia bermain 149 kali untuk Frank Rijkaard, lebih banyak dari seluruh pelatih yang pernah bekerja sama dengan Iniesta.

Andres Iniesta menjalani laga terakhir bersama Barcelona ketika menghadapi Real Sociedad dalam kemenangan 1-0. Di laga perpisahan tersebut terdapat momen yang mengharukan ketika Iniesta tertangkap kamera sedang menyendiri di tengah stadion Camp Nou usai laga, sebagai salam perpisahan.

Sumber: Bola.com