FOLLOW US:


Gaji Messi Tak Sepadan dengan Performanya?

02-08-2017 07:20

 | Lionel Messi

Gaji Messi Tak Sepadan dengan Performanya?
Lionel Messi © NurPhoto

Bola.net - Sebuah studi terhadap gaji para pemain dunia mengklaim bahwa Barcelona mungkin tidak mengambil keputusan yang benar dengan memberikan gaji begitu besar pada Lionel Messi.

Pemain Argentina mencatat rekor memenangkan lima trofi Ballon d'Or sejak melakoni debut di Camp Nou dan membantu klub meraih banyak sukses.

Talenta hebat tersebut diganjar dengan gaji luar biasa yang membuat Messi menjadi salah satu sosok terkaya di dunia sepakbola, bersama bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Namun menurut International Journal of Computer Science in Sport, sang pemain mungkin tidak layak digaji begitu tinggi.

IJCSS mengumpulkan data gaji dan juga performa pemain dari liga-liga top Eropa sepanjang 2016 silam.

Lionel Messi Merayakan gol ke gawang Osasuna

Mereka menggunakan variabel seperti usia, posisi, klub, dan juga beberapa atribut kunci, memasukkannya dalam algoritma khusus untuk menentukan seberapa berharga seorang pemain.

Dan meski berstatus sebagai salah satu pemain terbaik dunia, Messi ada di puncak teratas dalam daftar pemain 'overpaid' alias dibayar terlalu banyak. IJCSS mengklaim Messi harusnya dibayar 320.000 euro lebih murah per pekan, dari gaji yang ia terima sekarang.

"Gaji seorang pemain dipengaruhi beberapa faktor yang tidak langsung terkait dengan kemampuan atau skill. Contohnya, pemain yang disukai oleh fans bisa mendapatkan kompensasi lebih tinggi, dari penjualan merchandise dan tiket," menurut laporan tersebut.

"Pemain seperti Messi menerima gaji 550.000 euro per pekan, dan itu merupakan bagian dari kesepakatan sponsor, penjualan merchandise, hak pencitraan, dan pendapatan lain, di luar performa."

"Dengan menggunakan pola yang kami susun, gaji Messi harusnya 50 persen lebih kecil, meski hal tersebut masih membuatnya menjadi pemain dengan gaji termahal dunia."