FOLLOW US:


Gara-Gara Johan Cruyff, Pandangan Quique Setien Soal Sepak Bola Berubah

27-04-2020 04:59

 | Ari Prayoga

Gara-Gara Johan Cruyff, Pandangan Quique Setien Soal Sepak Bola Berubah
Pelatih Barcelona, Quique Setien. © AP Photo

Bola.net - Pelatih Barcelona, Quique Setien mengungkapkan bahwa Johan Cruyff menjadi sosok yang menginspirasi dirinya untuk memandang sepak bola secara berbeda.

Cruyff merupakan pemain dan pelatih legendaris Barcelona. Pria asal Belanda itu sukses mempersembahkan berbagai gelar bergengsi bagi Blaugrana.

Cruyff menjadi sosok yang meletakkan dasar sepak bola bergaya tiki-taka yang kemudian menjadi ciri khas Barcelona dalam lebih dari satu dekade belakangan.

1 dari 2

Kekaguman Quique Setien

Bukan tanpa alasan mengapa Barcelona menunjuk Setien sebagai pengganti Ernesto Valverde pada Januari kemarin. Setien memang dikenal senang memainkan gaya sepak bola yang mirip dengan gaya Barcelona. Ternyata, itu didapat dari Cruyff.

"Sampai saya menyaksikan Cruyff di Barcelona, saya tak terlalu mengkhawatirkan soal taktik. Saya bermain dan itulah hasilnya," ungkap Setien seperti dikutip Marca.

"Saya mulai melihat aspek taktikal, menganaisis apa yang terjadi, menemukan alasan, menyadari apa yang saya sukai dan mulai menyatukannya menjadi ide di kepala. Ide itulah yang saya ikuti," tambahnya.

2 dari 2

Quique Setien di Barcelona

Karier Setien bersama Barcelona sendiri sejauh ini masih belum cukup meyakinkan. Keraguan memang sudah membayangi Setien sejak ia dipilih untuk mengisi kursi entrenador Barcelona menggantikan Valverde.

Keraguan semakin besar ketika timnya menelan kekalahan dua gol tanpa balas dari sang rival abadi, Real Madrid pada awal Maret lalu.

Namun, terlepas dari performa yang naik turun, Setien tetap mampu membawa Barcelona memuncaki klasemen semenitara sebelum La Liga dihentikan akibat wabah virus Corona.

Sumber: Marca