FOLLOW US:


Guardiola Masuk Jajaran Tiga Besar Pelatih Terbaik Dunia

26-05-2019 16:15

 | Josep Guardiola

Guardiola Masuk Jajaran Tiga Besar Pelatih Terbaik Dunia
Pelatih Manchester City, Josep Guardiola. © AP Photo

Bola.net - Eks penyerang timnas Spanyol Alvaro Negredo memuji Josep Guardiola sebagai salah satu dari tiga pelatih terbaik di dunia.

Guardiola musim ini baru saja memetik kesuksesan lagi bersama Manchester City. Ia menuntun mereka meraih treble; Carabao Cup, Premier League dan FA Cup.

Ia pun meneruskan tradisi kesuksesannya sebelumnya saat melatih Barcelona dan Bayern Munchen. Total sejauh ini ia sudah mengoleksi 27 trofi juara dari berbagai ajang kompetisi.

Raihan ini mengalahkan raihan senior sekaligus rivalnya, Jose Mourinho. Sejauh ini eks pelatih Real Madrid, Chelsea dan Manchester United itu meraih total 25 trofi juara.

1 dari 2

Terbaik


Raihan manajer berusia 48 tahun itu membuat Negredo merasa sangat terkesan. Ia pun tanpa ragu menyebutnya sebagai salah satu pelatih papan atas dunia saat ini.

“Guardiola mungkin ada di jajaran tiga pelatih terbaik di dunia," cetus Negredo pada The National.

“Untuk rencana taktiknnya di lapangan, tugas-tugas selama sepekan untuk mempersiapkan pertandingan, menurut saya ia adalah yang terbaik," serunya.

2 dari 2

Posession Football


Bicara soal taktik Guardiola, ada satu hal yang sangat menonjol yakni posession football. Tim racikannya memang selalu mengandalkan penguasaan bola yang dominan atas sang lawan.

Negredo pernah merasakan kedahsyatan taktik rancangan Guardiola. Baginya sulit sekali untuk bisa merebut bola dari tim asuhan manajer plontos itu.

"Saya berbicara kepada orang-orang di Manchester City, dan mereka mengatakan ia adalah pelatih terbaik. Sepakbola Guardiola sangat berbeda: selalu menginginkan bola, tidak pernah kehilangan bola," tuturnya.

“Mereka memiliki 65 atau 70 persen kepemilikan, dan ketika Anda memulihkan bola, tidak ada energi untuk serangan balik. Ketika Anda tiba-tiba mendapatkan bola itu sangat sulit," ungkapnya.

"Itu sama di Barcelona ketika saya bermain melawan mereka: tidak mungkin bagi seorang striker untuk berlari untuk menutup setiap posisi dan kemudian mengambil bola. Untuk apa? Itu sangat sulit," terang Negredo.

Josep Guardiola sendiri saat ini santer dikabarkan bakal angkat kaki dari City. Ia disebut-sebut akan memperkuat Juventus musim depan.