FOLLOW US:


Inilah Proses yang Dilalui Barcelona Sebelum Pemecatan Valverde dan Penunjukan Setien

16-01-2020 04:00

 | Richard Andreas

Inilah Proses yang Dilalui Barcelona Sebelum Pemecatan Valverde dan Penunjukan Setien
Pelatih Barcelona, Quique Setien © AP Photo

Bola.net - Josep Maria Bartomeu menjelaskan perbedaan versi cerita klub dan Quique Setien perihal proses penunjukan pelatih baru Barcelona. Dia menegaskan Setien hanya bingung menentukan kurun waktu yang tepat.

Selasa (14/1/1/2020) dini hari WIB, Barcelona membuat keputusan berani dengna memecat Ernesto Valverde. Ada beberapa kandidat yang dijagokan sebagai pengganti, tapi pada akhirnya Setien yang dipilih.

Keputusan Barca ini berjalan begitu cepat, padahal seharusnya ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Sebab itu, Barca dikritik keras karena dianggap menghina Valverde dalam proses pergantian pelatih ini.

Apa kata Bartomeu soal tudingan tersebut? Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 2

Sudah Pernah Menghubungi

Barca dikritik keras perihal proses pemecatan Valverde. Ada banyak cara yang lebih baik dari membiarkan rumor berkembang liar ketika Valverde masih menyandang status pelatih.

Kendati demikian, Bartomeu menegaskan bahwa klub telah berbicara dengan sejumlah kandidat pelatih cukup lama, beberapa buan terakhir.

Artinya, keputusan memecat Valverde ini tidak datang tiba-tiba, meski kegagalan di Supercopa jadi pemicu. Setien bahkan sudah tahu bahwa dia termasuk salah satu calon yang dipertimbangkan.

"Kami telah berbicara dengan Setien beberapa hari lalu perihal kemungkinan melatih Barcelona. Dia mengaku bahwa dia memahami posisinya dalam daftar kandidat pelatih, tapi tidak percaya bakal dipilih," tegas Bartomeu kepada Sport.

2 dari 2

Baru Diputuskan

Artinya, Barca sudah menghubungi Setien sebelumnya, tapi baru memberi keputusan pada Selasa (14/1/2020) dini hari WIB tersebut usai pertemuan dewan direksi. Inilah yang sebenarnya terjadi, Valverde tidak dipecat tiba-tiba, Setien juga tidak tiba-tiba dipilih.

"Di akhir pertemuan dewan direksi, Setien ditelepon untuk diberi tahu bahwa dia terpilih. Karena itulah ada kebingungan perihal tanggal keputusan, sebab dia mengacu pada itu [telepon pertama]," sambung Bartomeu.

"Dewan direksi mengizinkan menelepon Setien untuk memberitahunya: 'Kami mengonfirmasi bahwa Andalah yang terpilih'. Sebab itu, dia tidak tahu dia akan dipilih, hanya salah satu dari kandidat," tutupnya.

Sumber: Sport