FOLLOW US:


Jelang Derby Basque: Athletic Bilbao vs Real Sociedad

30-08-2019 09:43

 | Afdholud Dzikry

Jelang Derby Basque: Athletic Bilbao vs Real Sociedad
Pertemuan Athletic Bilbao vs Real Sociedad musim lalu. © LaLiga

Bola.net - Laga Derby Basque pada Sabtu dini hari nanti (31/8/2019) pukul 03.00 WIB akan mengantarkan Athletic Bilbao atau Real Sociedad ke puncak klasemen La Liga Santander. Pendukung dari pemenang dari laga ini akan berpesta, dan pendukung tim yang kalah akan menundukkan kepala mereka untuk beberapa bulan ke depan.

Baik Athletic Bilbao maupun La Real sama-sama memulai musim dengan impresif, dengan catatan satu kali menang dan satu kali seri. Pertemuan kedua klub di La Liga untuk ke-146 kalinya ini akan menjadi pertandingan krusial untuk menentukan nasib kedua tim poda musim ini.

1 dari 3

Sejarah Derby Bosque adalah Sejarah La Liga

Athletic Bilbao didirikan pada tahun 1898 oleh mahasiswa insinyur kelahiran Bilbao yang kuliah di Inggris. Beberapa saat kemudian, Real Sociedad de Futbol (Royal Society of Football) didirikan pada 1909 di San Sebastian dan mengantongi restu dari raja Spanyol saat itu, Raja Alfonso XIII.

Pertandingan pertama antara kedua tim yang terjadi pada tahun 1913 berakhir imbang 1-1. Athletic Bilbao kemudian bangkit dan menang dengan skor agregat 4-2 setelah tertinggal 0-2 dalam Derby Basque yang pertama di La Liga pada tahun 1928. La Real memiliki rekor yang lebih unggul dalam beberapa tahun terakhir, memenangkan tiga dari lima Derby Basque terakhirnya. Kemenangan 3-1 La Real di San Mames pada Oktober silam menjadi kekalahan kandang terakhir Athletic Bilbao untuk semua pertandingan.

2 dari 3

Derby dengan Akar Sejarah yang Kuat

Kebijakan 'Basque-only' yang diterapkan oleh Athletic mewajibkan seluruh pemain yang tergabung di klub ini harus memiliki hubungan khusus dengan Negeri Basque. Termasuk itu adalah penyerang Inaki Williams, yang lahir di Bilbao dari orang tua yang berasal dari Ghana dan Liberia.

Begitu juga dengan Aritz Aduriz, penyerang berusia 38 tahun, berhasil membawa pengaruh penting ketika ia masuk sebagai pemain pengganti dengan mencetak gol kemenangan ketika melawan Barcelona di pekan pembuka dua minggu yang lalu.

Real Sociedad juga memiliki keterkaitan lokal yang sangat kuat, termasuk pemain tim nasional Spanyol, Asier Illaramendi dan Mikel Oyarzabal, yang merupakan pemain asli Basque. La Real juga memiliki pemain pinjaman dari Real Madrid, Martin Odegaard, yang mencetak gol kemenangan pada pertandingan melawan Real Mallorca pekan lalu dengan hasil 1-0.

Pelatih Athletic, Gaizka Garitano, lahir di pinggiran Bilbao dan memulai karir sepak bolanya di San Mames sebelum pindah ke Real Sociedad. la membangun reputasinya sebagai pelatih bersama Eibar yang sukses dipromosikan ke La Liga Santander untuk pertama kalinya. la juga pernah melatih R. Valladolid dan RC Deportivo sebelum kembali ke San Mames.

Pelatih Real Sociedad, Imanol Alguacil, lahir di San Sebastian dan memulai karir sepak bolanya di Real Sociedad, sebelum bermain di La Liga bersama Villarreal CF dan Real Jaen. la kembali ke kota kelahirannya untuk melatih tim muda dan diangkat menjadi pelatih tim utama Real Sociedad pada Desember silam.

3 dari 3

Athletic dan La Real, Dua Tim yang Sedang Bangkit

Baik Garitano dan Alguacil sukses membawa timnya masing-masing menyelesaikan musim di papan atas pada paruh kedua musim lalu, performa serupa kini berlanjut di awal musim ini. Lolos ke kompetisi Eropa menjadi target mereka saat ini, dan menyelesaikan musim di posisi empat besar agar dapat lolos ke Liga Champions bukanlah hal yang mustahil bagi mereka.

Pertandingan ini akan disambut gembira oleh pendukung kedua tim, yang saling berdampingan dengan gembira di tribun penonton dengan jersey biru-merah dan jersey merah-putih, apapun hasil pertandingannya, membuat atmosfer di San Mames pada Sabtu dini hari nanti menjadi heboh dan bersemangat.

Seperti biasanya, kemenangan di Derby Basque lebih dari sekadar mendapatkan tiga poin saja karena derby ini memiliki makna lain yang lebih istimewa.