FOLLOW US:


Kutukan Bek Kiri Barcelona: Tentang Jordi Alba yang tak Tergantikan

04-11-2019 11:00

 | Richard Andreas

Kutukan Bek Kiri Barcelona: Tentang Jordi Alba yang tak Tergantikan
Jordi Alba. © AP

Bola.net - Bek kiri merupakan salah satu posisi yang sulit digoyang dalam skuad Barcelona. Sejak kedatangan Jordi Alba dari Valencia pada tahun 2012 lalu, dia telah menjadi penguasa pos bek kiri Barca. Mutlak, tak tergantikan.

Sebagai salah satu bek kiri terbaik di Eropa, Alba telah memaksa sejumlah pemain potensial tetap duduk di bangku cadangan. Sudah ada banyak korban dari ketahanan Alba, dia tetap bermain seperti biasanya.

Menurut Marca, korban teranyar Alba adalah Junior Firpo, mantan pemain Real Betis. Firpo tidak datang dengan murah, kabarnya Barca harus mengeluarkan hingga 30 juta euro plus bonus bersyarat.

Sayangnya, pemain mahal dan potensial itu tampaknya bakal tersingkir seperti korban-korban sebelumnya. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Nasib Firpo

Firpo datang sebagai pemain yang seharusnya bermain secara reguler untuk menjaga kebugaran Alba, tapi yang terjadi justru sebaliknya. Dia hanya empat kali bermain di La Liga, dua di antaranya selama 90 menit.

Firpo terakhir kali bermain kontra Getafe dan berhasil mencetak gol pada laga itu. Namun, dia bahkan tidak masuk dalam skuad pada laga kontra Levante, meski saat itu kondisi Alba tidak maksimal.

Ernesto Valverde justru lebih memilih Nelson Semedo, padahal seharusnya Firpo yang pantas mengisi skuad. Tentu, kondisi ini menyulitkan bagi pemain baru seperti Firpo yang sedang berusaha beradaptasi.

2 dari 3

Bukan yang Pertama

Firpo bukan pemain pertama yang menderita kutukan tersebut. Sebelumnya, ada Lucas Digne yang mengalami nasib serupa.

Digne didatangkan sebagai bagian dari rencana Barca untuk masa depan, alias sebagai pelapis Alba. Namun, pada akhirnya Digne frustrasi karena tidak pernah bermain. Dia pun memilih pindah ke Everton.

Selain Digne, kasus Juan Miranda dan Marc Cucurella merupakan yang paling parah. Nasib Cucurella melas, dia tampil impresif saat dipinjamkan ke Eibar, lalu kembali ke Barca hanya untuk dijual ke Getafe.

3 dari 3

Firpo Waspada

Belajar dari senior-seniornya, Firpo jelas tidak bisa tenang duduk di bangku cadangan. Dia tidak punya pilihan selain berharap mendapatkan kesempatan bermain.

Situasi sulit Firpo sudah cukup jelas. Ketika Alba tidak bisa bermain, justru Semedo yang dipilih Valverde, padahal sebenarnya Semedo bermain di pos bek kanan. Firpo tersingkir perlahan-lahan, terkena kutukan bek kiri Barcelona.

Sumber: Marca