Luis Milla: Barcelona Adalah Messi dan Messi Adalah Barcelona

Asad Arifin | 23 Oktober 2020 12:11
Lionel Messi (c) Bola.net

Bola.net - Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, melihat sosok Lionel Messi sulih dipisahkan dari Barcelona. Namun, Barcelona harus bersiap mencari pengganti Messi di masa depan.

Lionel Messi telah bermain untuk Barcelona pada waktu yang lama. Banyak gelar juara diraih La Pulga bersama Barcelona. Messi kini juga tercatat sebagai top skor sepanjang masa Barcelona.

Musim 2019/2020 lalu, Lionel Messi mencetak 31 gol untuk Barcelona di semua kompetisi. Messi juga membuat 25 assist untuk klub asal Catalan. Kontribusinya sangat besar bagi klub.

1 dari 2 halaman

Barcelona Harus Siap Tanpa Lionel Messi

Lionel Messi masih menjadi pilar penting Barcelona pada musim 2020/2021. Barcelona bergantung pada sang kapten untuk membangun serangan. Keduanya adalah elemen yang sulit dipisahkan.

"Barcelona adalah Lionel Messi dan Messi adalah Barcelona. Dia adalah pemimpin di tim," kata Luis Milla pada webinar El Clasico Season 90.

"Namun, sekarang Lionel Messi sudah berusia 33 tahun. Itu tidak akan mudah bagi mereka. Messi sudah tidak muda lagi dan Barcelona harus bersiap mencari penggantinya," sambung Milla.

Mencari pengganti Lionel Messi akan menjadi pekerjaan besar dan sulit bagi Barcelona. Sang pemain sempat meminta pindah pada awal musim 2020/2021 lalu, tetapi kubu Barcelona menolak permintaan itu.

Di sisi lain, kontrak Lionel Messi dan Barcelona bakal berakhir pada Juni 2021 atau akhir musim ini. Sejauh ini, belum ada negosiasi yang pasti terkait kontrak baru.

2 dari 2 halaman

Wajah Baru Barcelona

Luis Milla melihat Barcelona kini mencoba untuk tampil dengan wajah yang baru, walau tetap bertumpu pada Lionel Messi. Pelatih Ronald Koeman memberi kepercayaan yang besar kepada pemain muda dan membawa ide sepak bola baru.

"Barcelona bermain dengan 4-2-3-1 dan ada banyak hal baru. Philippe Coutinho dan Asu Fati bermain bagus. Mereka meringankan peran Lionel Messi yang kini bermain lebih bebas," kata Luis Milla.

"Jangan lupa, Barcelona juga masih punya Antoine Griezmann. Jika dia terkoneksi dengan baik dengan pemain lain, maka dia akan sangat bagus," ulas mantan pelatih Timnas Indonesia itu.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR