FOLLOW US:


Luis Suarez Absen 4 Bulan, Ini Sejumlah Alternatif Lini Serang Barcelona

14-01-2020 06:40

 | Richard Andreas

Luis Suarez Absen 4 Bulan, Ini Sejumlah Alternatif Lini Serang Barcelona
Selebrasi Antoine Griezmann usai bobol gawang Villarreal. © AP Photo

Bola.net - Cedera lutut Luis Suarez telah mengubah situasi Barcelona sepenuhnya. Striker Uruguay ini dipastikan menepi sampai empat bulan ke depan, bisa pulih lebih cepat, bisa lebih buruk.

Artinya, pihak klub mungkin tengah mempertimbangkan kemungkinan mendatangkan striker baru. Kehilangan pencetak gol seperti Suarez jelas merugikan, terlebih ketika musim memasuki tahapan penting.

Saat ini ada enam penyerang dalam skuad Blaugrana: Suarez, Lionel Messi, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, Ansu Fati, dan Carles Perez. Artinya, bisa jadi pihak klub tidak tertarik membeli pemain baru dan memanfaatkan pemain yang ada.

Apa saja opsi Barcelona di lini serang? Menukil Marca, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 5

Mengubah Sistem

Quique Setién, atau siapa pun pelatih Barca nanti*, bisa mengubah pola permainan Barca jadi formasi 4-4-2. Messi dan Griezmann bakal jadi dua striker utama.

Biar begitu, perubahan in bergantung pada dinamika di lini tengah. Berisiko, bisa membantu menyelesaikan masalah, atau justru merugikan tim. Tergantung pada bagaimana bentuk pergerakan tim.

2 dari 5

Messi Sebagai False Nine

Pep Guardiola senang memainkan messi sebagai penyerang utama dalam peran false nine, yang membebaskan sang kapten menjelajah lapangan.

Pola ini berakhir ketika Luis Enrique datang dan membeli Luis Suarez untuk bermain di ujung tombak.

Memainkan Messi sebagai penyerang tengah berarti Griezmann, Dembele, Ansu Fati, dan Perez bisa mengisi ruang di sisi sayap.

3 dari 5

Griezmann di Tengah

Selebrasi Antoine Griezmann usai bobol gawang Villarreal. (c) AP Photo
Selebrasi Antoine Griezmann usai bobol gawang Villarreal. (c) AP Photo

Opsi lainnya adalah memainkan Griezmann sebagai penyerang tengah, juga false nine, peran yang justru lebih sering dia mainkan sepanjang kariernya. Dengan demikian, Messi tetap bermain seperti biasanya.

Penyerang Prancis ini sudah terbiasa bermain di posisi itu selama membela Atletico Madrid dan Timnas Prancis. Messi bakal bermain di sisi kanan dan sedikit mundur, sementara sisi sayap lainnya diisi Ansu Fati atau Dembele.

4 dari 5

Promosi Striker

Jika klub memutuskan opsi ini yang terbaik, artinya Abel Ruiz bakal dipanggil dari Barcelona B.

Biar begitu, striker muda ini tengah mempertimbangkan masa depannya karena minimnya menit bermain di tim utama. Opsi ini paling tidak mungkin terwujud.

5 dari 5

Mendatangkan Penyerang Baru

Inilah opsi yang paling mungkin. Jika Januari 2019 lalu Barcelona mendatangkan Kevin-Prince Boateng sebagai pelapis Suarez maka tahun ini mereka bisa saja menempuh jalan yang sama, apalagi ketika Suarez cedera seperti sekarang.

Ada beberapa nama yang disebut, salah satunya striker Inter Milan, Lautaro Martinez. Namun, usaha mendapatkan Lautaro tampak mustahil saat ini.

Barcelona bisa jadi memilih striker yang sudah cukup berpengalaman yang siap bermain beberapa bulan ke depan.

Sumber: Marca