FOLLOW US:


Martin Odegaard, Bukti Sukses Sistem Pinjaman Real Madrid

02-09-2020 09:00

 | Richard Andreas

Martin Odegaard, Bukti Sukses Sistem Pinjaman Real Madrid
Martin Odegaard © AP Photo

Bola.net - Zinedine Zidane memilih memanggil pulang Martin Odegaard ke Real Madrid musim panas ini. Langkah ini diambil Madrid untuk tetap memperkuat skuad di tengah kesulitan finansial akibat pandemi virus corona.

Menukil Marca, kembalinya Odegaard diharapkan bisa jadi solusi lini tengah Madrid yang sudah waktunya disegarkan. Zidane perlu memulai proyek revolusi skuad, dan untungnya dia tetap bisa melakukannya di tengah situasi sulit seperti ini.

Odegaard sebenarnya sudah lama dibeli Madrid, tapi dia tidak langsung masuk tim inti. Alih-alih, Madrid meminjamkannya ke sejumlah klub selama tiga setengah tahun, lalu memanggilnya pulang ketika dia dia sudah matang dan ketika klub membutuhkannya.

Ini adalah bukti sukses sistem pinjaman pemain ala Madrid, yang juga terjadi pada sejumlah pemain lainnya. Mengapa demikian? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2

Kembalinya Odegaard

Odegaard sempat dipinjamkan ke sejumlah klub, tapi masa-masa terbaiknya ada saat dia membela Real Sociedad, di mana dia dituntut jadi kreator utama serangan tim. Tanggung jawab itu pun berhasil dipikul dengan baik oleh Odegaard.

Dia pun kembali ke Madrid di usia 21 tahun, masih sangat muda. Odegaard diyakini masih bisa berkembang pesat dan menjadi pengganti Luka Modric di lini tengah Madrid.

Sekarang, di bursa transfer ini, Madrid memilih tidak bersaing gila-gilaan dengan tim-tim raksasa seperti Manchester City dan PSG. Jadi mereka memilih memanggil pulang pemain-pemain pinjaman, seolah-olah mendatangkan pemain baru tanpa perlu mengeluarkan uang.

Itulah yang terjadi dengan Odegaard sekarang, lima tahun berlalu sejak dia bermain di Real Madrid Castilla, dipinjamkan ke sejumlah klub, dan kini pulang sebagai pemain inti.

2 dari 2

Seperti yang lain

Odegaard bukan satu-satunya pemain Madrid yang harus membuktikan diri di klub lain terlebih dahulu. Sekarang di ruang ganti Madrid paling tidak ada tujuh pemain yang sempat dipinjamkan untuk berkembang.

Sistem ini sudah lama diterapkan Madrid dan terbukti selalu sukses. Sebut saja Dani Carvajal, Casemiro, Lucas Vazquez, Marco Asensio, dan Fede Valverde -- semua pernah dipinjamkan, dan kini menjelma jadi pemain penting.

Setelah Odegaard, masih ada Dani Ceballos dan Andriy Lunin yang diyakini bisa meniru jejak yang sama. Mereka akan dipinjamkan lagi musim panas ini, dengan harapan bisa kembali lebih kuat saat diperlukan.

Sumber: Marca