FOLLOW US:


Melihat Transfer Arthur Melo - Miralem Pjanic Sebagai Langkah Cerdik Barcelona

30-06-2020 09:38

 | Asad Arifin

Melihat Transfer Arthur Melo - Miralem Pjanic Sebagai Langkah Cerdik Barcelona
Miralem Pjanic © Twitter @Juventusfcen

Bola.net - Barcelona baru saja merampungkan transfer Miralem Pjanic dari Juventus. Sebaliknya, Juventus juga telah merampungkan transfer Arthur Melo dari Barcelona.

Rencana ini sudah disusun sejak beberapa pekan lalu. Namun, sempat ada kendala yang membuat kesepakatan transfer ini nyaris batal. Arthur Melo awalnya menolak pindah ke Juventus.

Arthur Melo ingin bertahan lebih lama di Barcelona, klub yang membelinya pada 2018. Namun, pemain 23 tahun akhirnya sepakat dengan kontrak lima tahun yang ditawarkan Juventus dan transfer pun terjadi.

Sementara itu, Miralem Pjanic -yang belakangan diketahui fans Real Madrid- sejak awal ingin pindah ke Barcelona. Pemain asal Bosnia punya hubungan yang buruk dengan pelatih Juventus, Quique Setien.

Lantas, apa yang membuat transfer ini bakal menguntungkan bagi Barcelona? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4

12 + 5 Juta Euro

12 + 5 Juta Euro
Miralem Pjanic Dan Cristiano Ronaldo © AFP

Barcelona kini sedang berada dalam krisis finansial. 'Pertukaran' pemain antara Arthur Melo dan Miralem Pjanic menjadi langkah yang sempurna. Bukan hanya untuk mendapat uang, tetapi juga mengakali aturan Financial Fair Play [FFP].

Barcelona mendapatkan keseimbangan fiskal yang bagus karena transfer ini terjadi sebelum 30 Juni. Klub asal Catalan tersebut mendapati kondisi keuangan mereka relatif lebih baik karena tidak perlu membayar untuk mendapatkan Pjanic.

Selain itu, Barcelona juga punya dana segar senilai 12 juta euro plus potensi bonus transfer mencapai 5 juta euro dari kesepakatan ini. Tentu saja ini menjadi modal bagi Barcelona untuk belanja pemain baru di awal musim 2020/2021 yang akan datang.

2 dari 4

Kualitas Terbukti

Kualitas Terbukti
Miralem Pjanic © Juventus FC

Soal kualitas, tidak ada yang perlu diragukan dari Miralem Pjanic. Pemain asal Bosnia telah memberi bukti apa yang bisa dilakukan bersama Lyon, AS Roma hingga Juventus. Dia salah gelandang terbaik di Serie A beberapa musim terakhir.

Kehadiran Miralem Pjanic juga bisa membuat Frenkie de Jong berada pada potensi terbaiknya. Miralem Pjanic bisa bermain lebih ke depan, dan memberi ruang pada duet Frekie de Jong - Sergio Busquets menguasai lini tengah.

Arthur Melo selama ini punya peran yang hampir sama dengan Frenkie de Jong. Pemain asal Brasil punya potensi besar karena masih 23 tahun. Sejauh ini, dia belum mencapai level terbaiknya.

3 dari 4

Integrasi di Ruang Ganti

Integrasi di Ruang Ganti
Miralem Pjanic dan Juninho di Lyon © Icon Sport

Ruang ganti Barcelona terkadang bisa menjadi tempat yang menyeramkan bagi pemain baru. Tengok saja Philippe Coutinho dan Antoine Griezmann yang kesulitan mendapatkan tempat dan diterima rekan-rekan barunya.

Lantas, apakah itu akan terjadi pada Miralem Pjanic?

Miralem Pjanic sudah terbiasa bermain dengan pemain top. Di Roma, dia berbagi ruang dengan Francesco Totti. Di Juventus, dia mendapatkan pengalaman dari Gigi Buffon, Giorgio Chiellini, hingga Cristiano Ronaldo.

Harusnya, Miralem Pjanic tidak mendapatkan kesulitan yang berarti untuk mendapat tempat dan dukungan dari Lionel Messi dkk.

4 dari 4

Cetak Lebih Banyak Gol

Cetak Lebih Banyak Gol
Juventus rayakan kemenangan atas Lazio. © jfc

Arthur Melo bukan tipikal pemain yang berani mengambil resiko dalam penyerangan, baik melepas umpan dan tendangan jarak jauh. Dan, itulah yang menjadi keunggulan utama Miralem Pjanic selama bermain di Serie A.

Belakangan dia memang tampil lebih defensif di Juventus, namun catatan golnya cukup bagus. Miralem Pjanic telah mencetak 16 gol dalam tiga musim terakhirnya.

Selain itu, Miralem Pjanic juga punya kelebihan dalam eksekusi bola mati. Barcelona kini punya banyak alternatif. Seorang Lionel Messi kini tak perlu repot-repot mengambil sepak pojok karena sudah Miralem Pjanic yang bisa melakukannya.

Sumber: Marca