FOLLOW US:


Musim Depan, La Liga Akan Pergunakan Teknologi VAR

17-11-2017 00:09
Musim Depan, La Liga Akan Pergunakan Teknologi VAR
Wasit menggunakan teknologi VAR. © AFP

Bola.net - Teknologi Video Assistant Referee alias VAR akan diperkenalkan ke kompetisi La Liga pada musim 2018-19 mendatang.

Hal tersebut dikonfirmasikan langsung oleh Presiden Komite Teknis Wasit, Victoriano Sanchez Arminio. Victoriano menyatakan teknologi itu akan sangat membantu kinerja para wasit saat menjalankan tugasnya di atas lapangan pada musim depan.

Menurutnya, teknologi itu akan bisa membantu menghapus semua keraguan tentang keabsahan sebuah gol. Apalagi kasus seperti itu cukup sering terjadi.

"Teknologi VAR akan membantu memecahkan keraguan apakah sebuah gol sah atau tidak," ucap Sanchez Arminio seperti dikutip Marca.

"Ini juga menentukan apakah bola telah meninggalkan lapangan permainan atau tidak, atau jika terjadi insiden di dalam atau di luar area," tuturnya.

"Penilaian dan pertimbangan wasit akan terus jadi keputusan akhirnya," tegasnya.

Teknologi ini sendiri sebenarnya sempat ditentang oleh Presiden La Liga, Javier Tebas. Ia menentangnya karena menilai ongkosnya terlalu mahal.

Sementara itu, teknologi ini sendiri sebelumnya sudah diterapkan di beberapa liga. Salah satunya di kompetisi Serie A Italia.