FOLLOW US:


Neymar Dilepas, Santos Minta Jatah ke Barcelona

07-08-2017 00:42

 | Neymar

Neymar Dilepas, Santos Minta Jatah ke Barcelona
Neymar © AFP

Bola.net - Neymar memang sudah resmi diumumkan sebagai pemain baru PSG, namun ia belum bisa menjalani debutnya bagi klub Ligue 1 itu. PSG bermain melawan Amiens akhir pekan lalu namun Neymar belum bisa dimainkan karena administrasinya belum sepenuhnya tuntas.

Meski baru beberapa hari pindah klub, namun transfer Neymar sudah menimbulkan banyak keributan di Brasil. Seperti saat transfernya dari Santos menuju Barcelona, masalah pertama yang muncul adalah soal uang.

Santos, klub pemilik Neymar sebelum Barcelona, sudah menagih uang ke Camp Nou. Santos meminta total 13,4 juta euro setelah Barca mendapatkan uang 222 juta euro dari PSG untuk penebusan kontrak Neymar.

Perinciannya, Santos meminta 8,9 juta euro atau lima persen dari biaya transfer Neymar sesuai yang tertulis dalam aturan solidaritas FIFA. Klub yang menjual pemain harus memberikan uang solidaritas kepada tim yang pernah membina sang pemain. Selain itu, Santos juga meminta ganti rugi sebesar 4,5 juta euro karena Barca gagal menepati janjinya menggelar laga persahabatan.

Salah satu hal yang dijanjikan Barca kepada Santos saat membeli Neymar adalah menggelar dua laga persahabatan selama Neymar masih bermain bagi Barca. Uang hasil pertandingan itu kemudian akan menjadi milik Santos. Namun sampai Neymar pindah ke PSG, Barca hanya menepati janjinya untuk bertanding sekali.

Barca dan Santos hanya bermain sekali pada 2013 dalam ajang Joan Gamper Trophy. Menurut Globoesporte, Santos sudah mengirim surat kepada Barca untuk membahas masalah ini. Barca belum mengirim respon sampai saat ini.

Barca juga berpendapat bahwa mereka tak perlu membayar uang solidaritas kepada Santos. Pasalnya, kepindahan Neymar ke PSG mereka anggap bukan sebagai transfer, tapi pemutusan kontrak. Barca tidak menerima uang dari PSG, tapi langsung dari Neymar.