FOLLOW US:


Pemain yang Sama, Buruk di Barcelona, Oke di Timnas

14-10-2021 06:35

 | Richard Andreas

Pemain yang Sama, Buruk di Barcelona, Oke di Timnas
Sergio Busquets melakukan tekel pada Federico Chiesa di laga semifinal UEFA Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB © AP Photo

Bola.net - Ada perkembangan situasi yang cukup untuk di Barcelona. Selama jeda internasional, sejumlah pemain Barca tampil jauh lebih baik di timnas daripada saat membela klub.

Performa Barca musim ini memang belum maksimal. Ronald Koeman menghadapi sejumlah masalah dalam tim, termasuk badai cedera yang membuatnya tidak bsia menurunkan skuad terbaik.

Selain itu, Koeman tampaknya juga masih mencari racikan terbaik Barca usai ditinggal Lionel Messi. Ini pertama kalinya Barca bermain tanpa sang superstar dalam belasan tahun terakhir.

Menariknya, pemain-pemain yang tidak bisa tampil maksimal di Barca justru bersinar bersama timnas. Mengapa begitu?

1 dari 2

Busquets jadi bukti

Mengutip Marca, contoh paling jelas kasus ini ada pada performa Sergio Busquets. Dia bisa bermain sangat baik untuk Luis Enrique di Spanyol, tapi beberapa kali tampak kebingungan di Barca.

Di Spanyol, Busquets adalah pemain yang tak tergantikan. Sebenarnya dia juga memegang status itu dalam tim Koeman, tapi kontribusinya jauh lebih kecil.

Musim ini, performa Busquets tampak tidak menentu di Barca, tapi dia justru jadi pemain andalan di Spanyol. Bahkan Busquets terpilih sebagai pemain terbaik UEFA Nations League kemarin.

Luis Enrique bermain dengan formasi 4-3-3 di Spanyol, sedangkan Koeman sering menggonta-ganti formasi jadi 4-2-3-1 atau 3-5-2. Diduga inilah sebabnya Busquets kesulitan.

2 dari 2

De Jong, Gavi, bahkan Garcia

Bukan hanya Busquets yang bermain jauh lebib baik untuk timnas. Hal serupa juga terjadi pada Frenkie de Jong, Gavi, bahkan Eric Garcia.

Saat mengenakan kostum Belanda, De Jong tampak mendekati level permainan terbaiknya. Namun, bersama Barca, De Jong terlihat jelas tidak bisa menemukan ritme terbaiknya musim ini.

Gavi juga bermain jauh lebih baik di Spanyol. Dia memang main cukup apik di Barca, tapi levelnya meningkat lebih tinggi bersama timnas.

Bahkan Eric Garcia tampak lebih meyakinkan saat mengenakan kostum Spanyol. Sayangnya, sejauh ini dia tampak sangat kesulitan di Barca.

Sumber: Marca