FOLLOW US:


Pencetus Penalti Panenka Ngefans Real Madrid Sekaligus Barcelona

23-10-2019 21:39

 | Dimas Ardi Prasetya

Pencetus Penalti Panenka Ngefans Real Madrid Sekaligus Barcelona
Sergio Ramos dan Luka Modric berusaha merebut bola dari penguasaan Lionel Messi © LaLiga

Bola.net - Legenda sepak bola Republik Ceko yakni Antonin Panenka mengaku ia merupakan pendukung Real Madrid dan juga Barcelona.

Nama Panenka ngetop berkat tendangan penaltinya yang unik. Alih-alih menendang bola dengan keras, bola justru ditendang dengan pelan dengan teknik chip.

Penalti itu pertama kali dilakukan oleh Panenka pada final Euro 1976. Lawannya saat itu adalah Jerman Barat.

Butuh keberanian besar untuk melakukan tendangan ini. Sebab jika salah perhitungan, bola akan bisa ditangkap oleh kiper lawan karena lajunya yang relatif lambat.

1 dari 2

Fans Madrid dan Barca

Panenka pensiun sebagai pemain sepak bola pada tahun 1993 silam. Pria berusia 70 tahun itu saat ini menjabat sebagai chairman klub Bohemians Praha.

Dalam sebuah wawancara dengan AS, Panenka mengaku ia sangat ngefans pada Madrid dan juga Barca. Ia pun menjelaskan apa alasannya mendukung dua klub yang merupakan rival abadi di LaLiga tersebut.

“Saya penggemar berat keduanya. Mereka adalah dua klub besar dengan sejarah panjang," seru Panenka.

"Bagi saya yang membuat mereka berada di atas klub-klub lain adalah bahwa, bahkan ketika mereka kalah, ada aspek permainan mereka yang menonjol dan yang menyenangkan untuk ditonton," cetusnya.

2 dari 2

Terkejut dan Kagum pada Ramos

Terkejut dan Kagum pada Ramos
Real Madrid vs Real Sociedad © AP Photo

Panenka kemudian mengungkapkan rasa terkejutnya terhadap kapten Real Madrid, Sergio Ramos. Hal itu tak lepas dari teknik panenka yang digunakan saat bek Timnas Spanyol tersebut mengeksekusi penalti.

“Sangat mengejutkan saya bahwa Ramos menggunakan gaya pengambilan penalti saya karena ia seorang pemain bertahan dan saya tidak berharap bahwa dialah yang akan mencobanya. Jadi kekaguman saya untuk dirinya dan keterampilannya bahkan lebih besar," serunya.

"Jika saya seorang pelatih, saya selalu ingin memiliki pemain seperti dirinya di tim saya. Ia adalah salah satu defender terbaik, jika bukan yang terbaik, di dunia," puji Panenka.

Real Madrid dan Barcelona akan bertemu dalam duel El Clasico jilid pertama musim ini pada 18 Desember mendatang. Laga itu sejatinya akan dihelat pada 26 Oktober 2019 mendatang namun terpaksa diundur karena situasi keamanan di Catalan sedang tidak kondusif.

(AS)