FOLLOW US:


Peringatan untuk Barcelona, Ganti Pelatih Bukan Solusi!

18-05-2021 10:40

 | Richard Andreas

Peringatan untuk Barcelona, Ganti Pelatih Bukan Solusi!
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. © AP Photo

Bola.net - Musim Barcelona berakhir lebih cepat. Masih ada sisa satu pertandingan di La Liga, tapi peluang juara Barca sudah sirna. Kini, giliran nasib Ronald Koeman yang deras dibicarakan.

Musim 2020/21 ini adalah musim perdana Koeman menukangi Blaugrana. Di tengah keterbatasan, Koeman masih bisa membawa Barca menjuarai Copa del Rey dan mengamankan peringkat tiga La Liga.

Meski begitu, kabarnya torehan itu belum cukup memuaskan bagi Barca, khususnya di mata presiden baru Joan Laporta. Gosip pemecatan Koeman menguat, situasinya semakin meragukan.

Memecat pelatih memang sering jadi langkah termudah yang diambil klub untuk memperbaiki situasi. Namun, apakah Koeman layak diperlakukan demikian?

1 dari 2

Pecat pelatih bukan solusi

Menurut Marca, benar bahwa hasil pertandingan beberapa pekan terakhir menyulitkan Koeman, tapi seharusnya Koeman dinilai beradasarkan perjalanan semusim penuh.

Koeman bekerja dengan skuad yang sangat terbatas. Dia sering disalahkan karena rotasi buruk, tapi sebenarnya tidak banyak pilihan untuk Koeman di bangku cadangan.

Bagi Barcelona, memecat pelatih bukan solusi, terlebih karena Barca tidak bisa mendukung pelatih sepenuhnya. Alih-alih, Barca seharusnya mengubah hal-hal lain dalam tim.

Koeman telah bekerja selama berbulan-bulan untuk membuat timnya lebih kompetitif, dan dia sudah punya banyak rencana. Mengganti pelatih berarti memulai segalanya kembali dari nol.

2 dari 2

Tergantung presiden klub

Selain itu, pergantian pelatih juga sangat bergantung pada kondisi finansial klub. Barca juga seharusnya fokus memperkuat skuad, bukan mengganti pelatih.

Kondisi finansial Barca saat ini sedang tidak dalam kondisi terbaik. Mereka mungkin hanya bisa merekrut satu pemain top.

Memecat Koeman bakal menambah masalah finansial karena Barca harus membayar sisa kontrak pelatih Belanda ini.

Karena itu, saat ini pemecatan Koeman bukanlah opsi ideal bagi Barca. Risikonya terlalu besar untuk Blaugrana.

Sumber: Marca