FOLLOW US:


Pertanyaannya: Mungkinkah Lionel Messi Tinggalkan Barcelona?

07-02-2020 11:40

 | Richard Andreas

Pertanyaannya: Mungkinkah Lionel Messi Tinggalkan Barcelona?
Lionel Messi menunjukkan ekspresi kecewa dalam laga antara Barcelona melawan Athletic Bilbao di ajang Copa Del Rey, Jumat (7/2/2020). © AP Photo

Bola.net - Konflik internal Barcelona antara Lionel Messi vs Eric Abidal telah membuat situasi semakin sulit. Mau tak mau, isu kepergian Messi terus menguat, meski jelas sangat sulit membayangkannya mengenakan kostum klub selain Barca.

Messi menghabiskan sepanjang kariernya di Barcelona. Memang dia sempat membela Newell's Old Boys di Argentina, tapi tetap Barca yang nomor satu. Messi adalah Barcelona itu sendiri, sudah terlalu melekat.

Kini, kondisi internal Barca sedang buruk. Messi kesal dengan sikap Abidal yang menyalahkan pemain atas pemecatan Ernesto Valverde. Petinggi Barca pun harus membuat keputusan besar, Abidal mungkin dipecat.

Situasi ini memburuk usai Barca tersingkir dari Copa Del Rey. Jumat (7/2/2020) dini hari WIB tadi, mereka menyerah 0-1 di tangan Athletic Bilbao dan harus rela tersingkir.

Gosip kepergian Messi terus menguat. Pertanyaannya: Mungkinkah Messi sungguh meninggalkan Barcelona?

1 dari 2

Tidak Mungkin

Hanya Messi dan Barca yang bisa menjawab pertanyaan di atas dengan pasti. Namun, jika melihat kondisi saat ini, rasanya hampir tidak mungkin Messi meninggalkan Blaugrana.

Analis Express, Charlie Malam, meyakini bahwa Messi memang berhak mempertimbangkan kemungkinan pergi. Namun, keinginan Messi tidak lantas mempermudah transfer tersebut.

"Bisakah Anda menyalahkan Lionel Messi karena ingin meninggalkan Barcelona? Sebenarnya tidak, setelah yang dia lakukan selama ini, dia harus memikul Barca setiap saat dan dia berulang kali dibuat kecewa dewasa ini," tutur Malam.

"Namun, apakah transfer ini benar-benar mungkin terwujud adalah perkara lain. Secara finansial, sepertinya tidak mungkin."

2 dari 2

Beban Gaji

Sejauh ini ada beberapa klub kaya yang diduga bisa mendapatkan Messi. Sebut saja Manchester City, PSG, dan Manchester United. Namun, Malam yakin klub-klub itu tidak sanggup memenuhi permintaan gaji Messi.

Man City jelas kesulitan, mereka menempati peringkat keenam dalam daftar beban gaji terbesar di Eropa. Artinya, kedatangan Messi baakl membuat situasinya jauh lebih sulit. Transfer ini nyaris mustahil.

PSG pun harus membuang banyak pemain jika ingin mendapatkan Messi. Mereka masih memiliki Neymar dan Kylian Mbappe yang tentunya tidak murah.

Alhasil, meski Messi berminat meninggalkan Barcelona, klub mana yang sanggup mendatangkannya?

Sumber: Express