Presiden La Liga Sebut Messi Pindah Karena Barca Dihasut Real Madrid dan Beli Aguero

Asad Arifin | 6 Oktober 2021 12:40
Lionel Messi menahan tangis saat menjalani sesi konferensi pers terakhirnya bersama Barcelona di Camp Nou, Minggu (08/08/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Presiden La Liga, Javier Tebas, menyebut ada dua aspek yang membuat Barcelona gagal mempertahankan Lionel Messi. Salah satunya adalah keputusan klub merekrut Sergio Aguero dan Memphis Depay.

Seperti diketahui, Barcelona harus berpisah dengan Lionel Messi pada musim 2021/2022. Barcelona yang punya masalah finansial pelik tidak bisa mendaftarkan Messi karena melanggar aturan financial fair play [FFP] yang berlaku di La Liga.

Pada akhirnya, Messi urung dikontrak walau sudah punya kesepakatan. Pemain asal Argentina itu kemudian pindah ke PSG. Hengkangnya Messi menjadi pukulan telak bukan hanya bagi Barcelona, tapi juga La Liga.

1 dari 4 halaman

Harusnya Barcelona Sepakati CVC

Javier Tebas. (c) AFP

Menurut Javier Tebas, Barcelona tidak akan kesulitan mempertahankan Messi jika mereka sepakat dengan pinjaman dari CVC Capital yang diinisiasi La Liga. Tapi, presiden Joan Laporta menolak meneken kerja sama tersebut.

"Saya makan malam di rumah Laporta dan dia setuju untuk menandatangani perjanjian CVC," buka Tebas kepada COPE.

"Saya tidak tahu apakah Messi bisa memperbarui kontrak karena itu, tetapi kemudian saya mendapat telepon [dari Laporta]. 'Bisakah kita mempercepat kesepakatan CVC? Anak itu [Messi] mulai gugup'," sambungnya.

2 dari 4 halaman

Pengaruh Real Madrid

Florentino Perez (c) AP Photo

Barcelona kemudian menolak proposal CVC yang diajukan La Liga. Tebas yakin Barcelona menolak dana pinjaman itu karena pengaruh Real Madrid.

"Saya bilang pada Laporta: 'Pada hari proyek itu rilis, Florentino Perez [presiden Real Madrid] akan mencoba dan meledakkannya.' Dan Laporta bilang kepada saya: 'Tidak, tidak, saya memiliki karakter.' Florentino di balik itu semua, saya tidak ragu," tegas Tebas.

"Ada kesepakatan bahwa jika Barcelona menandatangani kesepakatan CVC, mereka bisa saja mengeluarkan 15% dari uang untuk membeli pemain. Menurut pendapat saya, mereka bisa saja merekrut Messi," kata Tebas.

3 dari 4 halaman

Transfer Memphis dan Aguero

Aksi Memphis Depay di laga Barcelona vs Levante di Camp Nou, Minggu (26/09/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Selain penolakan terhadap proyek CVC Sport, Tebas menduga Barcelona tidak punya rencana yang matang di bursa transfer. Saat kontrak Messi belum beres, Barcelona merekrut Sergio Aguero dan Memphis Depay.

Kedua pemain itu datang dengan status bebas transfer. Tapi, keduanya mendapat porsi yang cukup besar pada anggaran gaji Barcelona. Anggaran yang, menurut Tebas, bisa dipakai untuk mengontrak Messi.

"Laporta merekrut pemain seperti Memphis dan Aguero. Jika dia tidak merekrut pemain itu, Messi bisa melanjutkan kontrak di Barcelona," tutup Tebas.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR