FOLLOW US:


Raul, Bojan, Ansu Fati dan Para Pencetak Gol Termuda di La Liga

12-09-2019 10:41

 | Afdholud Dzikry

Raul, Bojan, Ansu Fati dan Para Pencetak Gol Termuda di La Liga
Selebrasi Ansu Fati. © LaLiga

Bola.net - Nama Ansu Fati awal musim ini menjadi buah bibir. Bersama Barcelona, pemain muda bertalenta tersebut menciptakan beberapa rekor yang menarik.

Rekor yang pertama adalah ketika ia dimainkan di jornada kedua La Liga melawan Real Betis. Tampil sebagai pengganti pada menit ke-78, Ansu Fati tercatat menjadi pemain termuda kedua yang menjalani debut di tim senior Barcelona dengan usia 16 tahun 9 bulan dan 15 hari.

Rekor tersebut bahkan melewati rekor Lionel Messi. Messi sebelumnya tercatat sebagai pemain termuda kedua ketika debut di usia 17 tahun 3 bulan dan 26 hari. Catatan tersebut hanya kalah dari milik Vincente Martinez yang menjalani debut pada usia 16 tahun sembilan bulan dan tujuh hari pada tahun 1941 silam.

Setelah membuat rekor debut itu, satu pekan berikutnya Ansu Fati membuat rekor lainnya. Melawan Osasuan, ia mencetak satu gol dalam laga yang berakhir dengan skor 2-2. Gol yang ia cetak pada 25 Agustus lalu itu membuatnya menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Barcelona, kembali mengalahkan catatan Lionel Messi.

Sementara itu, dalam sejarah La Liga, ada dua pemain yang punya catatan usia lebih muda ketika mencetak gol dibanding dengan Ansu Fati. Dua pemain tersebut yakni Fabrice Olinga dan Iker Muniain. Dan berikut adalah daftar pencetak gol termuda dalam sejarah La Liga selengkapnya.

1 dari 10

1. Fabrice Olinga (16 tahun, 3 bulan, 6 hari)

Fabrice Olinga (c) LaLiga
Fabrice Olinga (c) LaLiga

Laga: : Malaga vs Celta Vigo (2012/13)

Pemain asal Kamerun yang ketika itu berusia 16 tahun mencetak sejarah di pertandingan pembuka musim 2012/13 dengan mencetak satu-satunya gol dalam debutnya untuk klub Malaga dalam laga melawan RC Celta.

Setelah menimba ilmu di Samuel Eto’o Foundation di negara asalnya, penyerang ini IaIu pindah ke Malaga dari RCD Mallorca dan beberapa kali berlaga untuk klub tersebut pada musim 2012/13 dan 2013/14. Saat ini, ia bermain untuk Mouscron di Belgia.

2 dari 10

2. Iker Muniain (16 tahun, 9 bulan, 15 hari)

Iker Muniain (c) LaLiga
Iker Muniain (c) LaLiga

Laga: Athletic vs Real Valladolid (2009/10)

Iker Muniain sebenarnya telah mencetak dua gol untuk Athletic Club saat ia mencetak gol di La Liga untuk pertama kalinya, yakni ketika melawan Young Boys dan Austria Wien dalam kompetisi Eropa pada awal musim 2009/10

Tapi baru pada pekan ke-6 ia membobol gawang lawan dalam pertandingan imbang 2-2 melawan Real Valladolid. Gol inilah yang menjadikannya sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah LaLiga Santander, sebelum akhirnya dipecahkan oleh Olinga beberapa tahun kemudian.

3 dari 10

3. Ansu Fati (16 tahun, 10 bulan)

Ansu Fati. (c) LaLiga
Ansu Fati. (c) LaLiga

Laga: Barcelona vs Osasuna (2019/20)

Ansu Fati adalah pemain muda jebolan akademi La Masía milik Barcelona yang terbaru. Penyerang ini menjadi pemain termuda kedua yang bermain di La Liga untuk klub tersebut dua minggu IaIu dalam laga melawan Real Betis di pekan kedua.

Kemudian, ia bermain bagus pada pertandingan beberapa pekan IaIu yang menjadikannya pencetak gol termuda ketiga dalam sejarah La Liga Santander melalui sundulannya saat imbang melawan 2-2 melawan Osasuna.

4 dari 10

4. Xisco Nadal (16 tahun, 11 bulan, 19 hari)

Xisco Nadal (c) LaLiga
Xisco Nadal (c) LaLiga

Laga: Villarreal vs Espanyol (2002/03)

Walaupun ia menghabiskan sebagian besar karirnya di divisi bawah sepak bola Spanyol, Xisco Nadal bermain impresif di awal karirnya. la tidak akan pernah melupakan gol penyeimbang di menit-menit akhir untuk Villarreal saat imbang 2-2 di kandang Espanyol pada akhir musim 2002/03.

5 dari 10

5. Juan Mena (17 tahun, 1 bulan, 6 hari)

Juan Mena bersama Valencia. (c) LaLiga
Juan Mena bersama Valencia. (c) LaLiga

Laga: Valencia vs RC Celta (1941/42)

Selama beberapa dekade, Juan Mena dinobatkan sebagai pencetak gol termuda La Liga berkat gol ketujuh yang dilesakkannya untuk Valencia dalam kemenangan 7-3 atas RC Celta pada Desember 1941, yang kala itu juga merupakan penampilan debutnya untuk Los Che.

Di musim itu pula klub ini meraih titel LaLiga pertamanya di sepanjang sejarah klub.

6 dari 10

6. Bojan Krkic (17 tahun, 1 bulan, 22 hari)

Bojan Krkic (c) LaLiga
Bojan Krkic (c) LaLiga

Laga: Barcelona vs Villarreal (2007/08)

Musim 2007/08 adalah musim yang mengecewakan untuk Barcelona. Tetapi tidak bagi Bojan Krkic karena di musim tersebut ia mengukuhkan reputasinya sebagai salah satu bintang muda Eropa.

Tanpa diduga, kekalahan memalukan yang Blaugrana dapat kontra Villareal pada Pekan ke-8 dengan skor 1-3, menjadi momen tak terlupakan saat ia mencetak gol perdananya di divisi teratas Spanyol ini setelah menerima umpan terobosan dari Lionel Messi.

7 dari 10

7. Alberto Rivera (17 tahun, 3 bulan, 22 hari)

Alberto Rivera (c) LaLiga
Alberto Rivera (c) LaLiga

Laga: Real Madrid vs RC Celta (1994/95)

Karir singkat Alberto Rivera di Real Madrid hampir sempurna saat ia mencetak gol dalam pertandingan debutnya melawan RC Celta, yang berakhir 2-0 untuk Real Madrid yang kemudian memenangkan titel musim 1994/1995.

Meskipun ia tidak terlalu menonjol di Real Madrid, namun ia telah mencatatkan 300 penampilan di LaLiga dengan membela Numancia, Levante, Real Betis, R. Sporting, dan Elche.

8 dari 10

8. Juanmi (17 tahun, 3 bulan, 25 hari)

Juanmi (c) LaLiga
Juanmi (c) LaLiga

Laga: Malaga vs R. Zaragoza (2010/11)

Setelah tampil di beberapa pertandingan di musim 2009/10 dan bahkan mencetak gol di Copa del Rey, Juanmi muda bermain di lebih banyak laga bersama Malaga di musim berikutnya dan mencetak gol La Liga pertamanya pada pekan kedua melawan Zaragoza.

Ia lalu melesakkan gol keduanya 20 menit kemudian di laga yang berakhir dengan kemenangan 5-3. Pemain asli Malaga tersebut menandatangani kontrak dengan Real Betis pada musim panas ini setelah tiga musim impresif bersama Real Sociedad.

9 dari 10

9. Raul Gonzalez (17 tahun, 4 bulan, 10 hari)

Raul Gonzales (c) LaLiga
Raul Gonzales (c) LaLiga

Laga: Real Madrid vs Atletico Madrid (1994/95)

Setelah bermain impresif untuk tim cadangan Real Madrid di awal musim 1994/95, pelatih tim utama Real Madrid saat itu, Jorge Valdano, mempromosikan Raul ke tim inti.

Pada penampilan keduanya di La Liga, ia langsung bermain di Derbi Madrid dan membayar kepercayaan pelatih dengan mencetak gol dalam kemenangan 4-2 yang membantu Real Madrid meraih gelar juara La Liga.

Sisanya seperti yang disebutkan dalam sejarah, Raul menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah Real Madrid, dan menjadi salah satu pemain dari lima pemain yang paling banyak bermain dalam sejarah La Liga, dengan 550 pertandingan.

10 dari 10

10. Ander Barrenetxea (17 tahun, 4 bulan, 15 hari)

Selebrasi Ander Barrenetxea bersama pemain Sociedad. (c) LaLiga
Selebrasi Ander Barrenetxea bersama pemain Sociedad. (c) LaLiga

Laga: Real Sociedad vs Real Madrid (2018/19)

Barrenetxea menjadi pemain pertama kelahiran abad ke-21 yang bermain di La Lipa Santander 2018/19. Di musim tersebut ia juga mencetak gol pertamanya bagi klub asalnya, Real Sociedad, di Pekan ke-37 melawan Real Madrid yang berakhir dengan kemenangan 3-1.