FOLLOW US:


Real Madrid Bisa Selamat dari Ancaman Sanksi FFP, Begini Solusinya

09-12-2019 13:26

 | Asad Arifin

Real Madrid Bisa Selamat dari Ancaman Sanksi FFP, Begini Solusinya
Pemain Real Madrid merayakan gol Luka Modric ke gawang Real Sociead di Santiago Bernabeu pada lanjutan La Liga, Minggu (24/11/19) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Real Madrid disebut terancam sanksi Financial Fair Play (FFP) pada akhir musim 2019/2020. Namun, keputusan ini masih belum final. Ada satu cara yang bisa membuat Real Madrid terhindar dari sanksi larangan aktif di bursa transfer.

Real Madrid bergerak aktif di bursa transfer musim panas 2019/2020 lalu. Lima pemain bintang diperkenalkan di Bernabeu sebagai penggawa baru. Lima pemain itu membutuhkan uang dalam jumlah besar.

Lima pemain tersebut yakni Eder Militao, Eden Hazard, Luka Jovic, Ferland Mendy, dan Rodrygo Goes. Real Madrid menghabiskan lebih dari 350 juta euro untuk membeli kelima pemain tersebut.

Transfer Eden Hazard menjadi pemain dengan pembelian paling mahal pada musim 2019/2020 bagi Real Madrid. Pemain asal Belgia tersebut dibeli dari Chelsea dengan harga 100 juta euro.

1 dari 2

Real Madrid dan Ancaman Sanksi FFP

Pengeluaran besar Real Madrid membuat neraca keuangan klub menjadi tidak seimbang. Real Madrid mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar dan pemasukannya cukup minim. Real Madrid mendapat pemasukan tidak lebih dari 150 juta euro.

Kondisi tersebut membuat Real Madrid kini tengah berada dalam penyelidikan dugaan pelanggaran FFP. Sebab, neraca keuangan klub negatif di musim panas 2019 lalu.

Andai kondisi itu masih terjadi sampai akhir musim, bukan tidak mungkin Real Madrid mendapat sanksi FFP. Namun, dikutip dari Marca, ada peluang bagi Real Madrid terbebas dari sanksi FFP pada akhir musim 2019/2020.

Caranya, Real Madrid harus mendapat dana hingga 200 juta euro di bursa transfer Januari 2020. Dengan begitu, maka neraca keuangan Madrid akan kembali stabil dan terbebas dari ancaman sanksi FFP.

2 dari 2

Siapa yang Dijual?

Siapa yang Dijual?
Winger Real Madrid asal Wales, Gareth Bale © AP Photo

Mendapatkan dana senilai 200 juta euro tentu bukan perkara yang mudah bagi Real Madrid. Mereka harus melepas beberapa pemain kunci demi menyeimbangkan neraca keuangan klub. Siapa yang bakal dijual Real Madrid?

Dikutip dari Marca, terdapat dua pemain yang sangat mungkin bakal dijual. Kedua pemain yakni James Rodriguez dan Gareth Bale. Mereka memang sudah tidak lagi masuk dalam rencana utama klub.

Namun, sejauh ini belum ada klub yang berminat membeli James dan Bale.

Pemain lain yang mungkin dijual Real Madrid yakni Brahim Diaz dan Mariano Diaz. Kedua pemain terpinggirkan dari tim utama pada era Zinedine Zidane. Hanya saja, harga kedua pemain tidak lebih mahal dibanding James dan Bale.

Sumber: Marca