FOLLOW US:


2 - 1

Kompetisi: La Liga La Liga 2014-2015
Tanggal: 04 January 2015
Kick-off: 23:00

Review: Madrid Akhirnya Tumbang di Mestalla

05-01-2015 00:59

 | Cristiano Ronaldo

Review: Madrid Akhirnya Tumbang di Mestalla
Antonio Barragan cetak gol pertama Valencia. © afp
Bola.netBola.net - Real Madrid tumbang dengan skor tipis 2-1 dari tuan rumah Valencia di stadion Mestalla di pekan ke-17 La Liga, Minggu (04/01).

Laga ini berjalan dengan tempo cukup cepat dan tensi pertandingan juga cukup tinggi. Madrid sempat unggul dulu via penalti Cristiano Ronaldo, sebelum Valencia akhirnya membalas melalui Antonio Barragan dan Nicolas Otamendi.

Laga berjalan dengan tempo cukup cepat sejak awal. Akan tetapi, tampaknya skuat Valencia justru sedikit kurang siap menghadapi El Madrid. Pasalnya, barisan belakang mereka nyaris membuat kesalahan fatal dengan membuat dua back pass yang menyulitkan kiper Diego Alves. Untungnya, dua eror tersebut tak bisa dimanfaatkan Madrid dengan baik.

Keduanya terus saling serang, akan tetapi Madrid menjadi pencetak gol pertama di laga tersebut. Serbuan Gareth Bale memaksa Orban melakukan pelanggaran di area kiri luar kotak penalti sang tuan rumah. Bola hasil tendangan bebas itu kemudian mengenai tangan kiri Negredo, dan wasit pun tanpa ampun langsung mengganjar pelanggaran itu dengan hukuman penalti. Eksekusi dilaksanakan oleh Cristiano Ronaldo dengan sempurna pada menit ke-14. 0-1 Sang tamu memimpin.

Di menit ke-25, Madrid nyaris menggandakan keunggulannya. Bale, yang menyerbu sisi kiri pertahanan Valencia mengirimkan umpan crossing pada Ronaldo yang ada di tengah kotak penalti. Alves berusaha menghadang pergerakan CR7, namun pemain asal Portugal itu bisa mengecohnya dan melakukan tendangan dari sudut sempit. Sayang, bola hanya mengenai sisi kiri luar gawang.

Tensi laga ini kian memanas setelah pada menit ke-35, Ramos melakukan pelanggaran pada Negredo. Lutut bek itu menghajar punggung striker tuan rumah tersebut di dalam kotak penalti Valencia. Para pemain kedua kubu pun tampak saling dorong akibat insiden tersebut. Namun, Ramos beruntung karena wasit tak menghadiahinya kartu kuning kedua di laga tersebut.

Di menit ke-45, serbuan Madrid yang diawali dengan pergerakan Marcelo membuat Benzema berhasil mendapatkan ruang tembak dari jarak sekitar 16 meter. Namun, sepakannya kurang bertenaga sehingga bisa diantisipasi dengan mudah oleh Alves.

Satu menit kemudian, giliran Los Che yang mendapat peluang emas. Gomes menendang bola dari jarak sekitar 18 meter dari depan gawang Madrid. Bola sepakannya membentur Carvalho dan berbelok arah. Casillas sudah mati langkah, namun si kulit bundar hanya membentur tiang gawang. Bola rebound berusaha dikejar Alcacer, namun San Iker dengan sigap mampu mementahkan peluang tersebut.

Hingga turun minum, skor masih tetap 0-1 bagi keunggulan Los Blancos.

Di babak kedua, tempo pertandingan tak beda jauh dengan di babak pertama. Valencia sendiri langsung mendapat peluang saat laga baru berjalan dua menit. Andre Gomes melepas sepakan keras dengan kaki kirinya di ujung kotak penalti. Namun, bola hanya melintas tipis di atas gawang Casillas.

Namun, nyaris seisi stadion Mestalla akhirnya bersorak kegirangan karena tim kesayangannya sukses mencetak gol di menit ke-52. Barragan mendapat peluang melepas tendangan keras mendatar ke arah tiang jauh. Namun, bola berbelok arah setelah mengenai Pepe. Casillas yang sudah mati langkah tai bisa berbuat apa-apa selain melihat gawangnya kebobolan. Skor kini sama kuat 1-1.

Di menit ke-65, pasukan Carlo Ancelotti itu kembali kebobolan. Sepak pojok Parejo berhasil disambut dengan tandukan apik Nicolas Otamendi. Pemain asal Argentina itu melompat tinggi mengalahkan Sergio Ramos dan bola tandukannya tak bisa diantisipasi oleh Casillas. Pasukan pelatih Nuno Espirito Santo itu pun kini unggul dengan skor 2-1.

Madrid akhirnya bermain sangat ofensif demi mengejar ketertinggalannya. Namun, peluang emas baru didapatkan pada menit ke-85. Umpan crossing Marcelo ke tengah kotak penalti langsung disambar tandukan Isco. Akan tetapi, Alves dengan cekatan bisa menghadang laju si kulit bundar.

Hingga laga berakhir, Madrid tak bisa mengejar ketertinggalannya. Valencia menang dengan skor tipis 2-1. Rentetan kemenangan mereka pun terhenti di angka ke-22.

Dengan kemenangan tersebut, Valencia kini mengoleksi 34 poin dari 17 laga. Posisi mereka untuk sementara terdongkrak satu strip ke posisi 4. Namun, bila Sevilla bisa menang mereka bisa kembali menggusur Los Che.

Sementara itu, Madrid sendiri tetap berada di puncak dengan koleksi 39 poin dari 16 laga. Namun, mereka terancam digeser oleh Barcelona yang kini mengoleksi 38 poin. Jika bisa menang lawan Real Sociedad, mereka akan menggusur El Real dari puncak.

Susunan Pemain:

Valencia (3-4-1-2): Diego Alves; Orban, Otamendi, Mustafi; Barragan (Feghouli 73'), Parejo, Enzo Perez, Piatti (Gaya 23'); Andre Gomes; Negredo (Rodrigo 80'), Alcacer.

Real Madrid (4-3-3): Casillas; Carvajal, Pepe, Sergio Ramos, Marcelo; Kroos, Isco, James Rodriguez (Khedira 71'); Bale (Jese 71'), Ronaldo, Benzema (Hernandez 80').

Statistik Pertandingan Valencia - Real Madrid:

Penguasaan bola: 39% - 61%

Shots (on goal): 11 (3) - 19 (8)

Corner: 3 - 11

Pelanggaran: 24 - 17

Offside: 1 - 0

Kartu kuning: 6 - 3

Kartu merah: 0 - 0.