FOLLOW US:


Ronald Koeman: Frenkie De Jong Semakin Komplit

28-01-2021 09:45

 | Yaumil Azis

Ronald Koeman: Frenkie De Jong Semakin Komplit
Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong. © AP Photo

Bola.net - Frenkie De Jong jadi sosok penentu kemenangan Barcelona saat menghadapi Rayo Vallecano di ajang Copa del Rey, Kamis (28/1/2021) dinihari tadi. Ini menjadi bukti bahwa gelandang asal Belanda itu telah bertransformasi sejak di Camp Nou.

Tidak seperti yang telah diprediksikan, Barcelona nampak kesulitan menghadapi tim Segunda Division tersebut. Klub asuhan Ronald Koeman itu bahkan sempat tertinggal lebih dulu setelah Fran Garcia mencetak gol di menit ke-63.

Untungnya, Barcelona memiliki sosok Lionel Messi. Bintang berkebangsaan Argentina tersebut berhasil membuat skor menjadi imbang 1-1 lewat golnya yang tercipta lima menit setelahnya.

Barcelona terus mengejar gol kedua agar bisa mengantongi kemenangan. Hasilnya pun terlihat pada menit ke-80, di mana De Jong berhasil mencetak gol penentu kemenangan dengan memanfaatkan assist dari Jordi Alba.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Transformasi De Jong

Belakangan, De Jong mulai sering mencetak gol. Padahal ketika namanya diketahui publik, pemain berusia 23 tahun tersebut dikenal sebagai sosok pengatur serangan dengan peran deep-lying playmaker.

Kedatangan Ronald Koeman jelas memberikan pengaruh. De Jong sudah menciptakan lima gol di musim ini, melebihi rekor terbaiknya ketika masih di Ajax Amsterdam. Koeman berkata kalau De Jong telah berubah.

"Kami butuh dia," buka Koeman seperti yang dikutip dari Goal International. "Kami membutuhkan gelandang yang mampu bermain lebih menyerang. Kualitas tekniknya tinggi dan dia membantu dari dalam," sambungnya.

"Kami telah berbicara soal membantu lini serang dan mencetak gol lebih banyak dalam satu musim. Dia sekarang sudah menjadi pemain yang komplit ketimbang saat dirinya masih di Ajax," lanjut Koeman.

2 dari 2

Musim yang Sulit

Ini adalah laga terakhir yang harus dilakoni Barcelona di bulan Januari. Sebanyak delapan pertandingan dari tiga kompetisi berbeda telah mereka lalui dengan selisih hari yang sangat pendek.

Tidak bisa dimungkiri, padatnya jadwal pertandingan punya pengaruh besar terhadap performa Barcelona. Koeman pun menyadari kalau bulan Januari sangat sulit dilewati oleh para pemainnya.

"Ini adalah musim yang sulit. Ada banyak laga tandang dan perjalanan. Ada delapan pertandingan. Tim menunjukkan mentalitasnya untuk menghadapi bulan yang sulit ini. Kami pantas meraih kemenangan," tambahnya.

"Kami mengantongi banyak poin. Final Supercopa sangat disayangkan, tapi kami bisa bangkit dan menunjukkan aksi terbaik di La Liga. Saat anda menang, anda tak merasa terlalu lelah. Hasil ini membuat kami jadi percaya diri," pungkasnya.

(Goal International)