FOLLOW US:


Ronaldo Tolak Bayar Utang Pajaknya

23-06-2017 11:16

 | Cristiano Ronaldo

Ronaldo Tolak Bayar Utang Pajaknya
Cristiano Ronaldo © Cristiano Ronaldo Instagram

Bola.net - Cristiano Ronaldo nampaknya merasa benar-benar tak bersalah dalam kasus penggelapan pajak yang dituduhkan kepadanya. Seperti diketahui, Ronaldo telah diajukan ke pengadilan oleh petugas pajak Spanyol.

Ronaldo dituduh menggelapkan pajak sebesar 14,7 juta euro pada periode tahun 2011 hingga 2014. Namun selama ini pihak Ronaldo merasa tak bersalah dan melakukan semua pengelolaan finansial mereka secara terbuka dan tertib hukum.

Inti dari permasalahan ini adalah perbedaan pandangan terhadap kewajiban membayar pajak dari pos pendapatan hak pencitraan pribadi. Sejak 2004, Ronaldo memang sudah memiliki perusahaan yang mengurusi pendapatannya itu. Perusahaan itu beroperasi di Inggris dan hanya membayar pajak di sana saja. Saat itu Ronaldo masih berstatus pemain Manchester United.

Pihak Otoritas Pajak Spanyol merasa mereka harusnya mendapatkan jatah karena Ronaldo bekerja di Spanyol dan otomatis meraup pendapatan itu di Spanyol juga. Namun Ronaldo bersikukuh bahwa ia tak wajib membayar pajak itu karena ia sudah membayar pajak di Inggris.

Berdasar alasan itu, Ronaldo menolak berkompromi dengan petugas pajak. Ia bahkan tidak mau mengambil langkah aman dengan membayar utang pajaknya seperti yang sebesar 14,7 juta euro itu.

Ronaldo memang dijadwalkan akan menjalani persidangan perdana kasus ini pada 31 Juli mendatang. Namun besar kemungkinan ia hanya akan diwakili oleh para penasehat hukumnya. Ronaldo sudah menyewa jasa Jose Maria Alonso Puig dan Luis Briones dari firma hukum Baker & McKenzie.