FOLLOW US:


Soal Gaya Mainnya, Xavi: Ini Demi Mempertahankan Hidup

24-12-2017 22:52

 | Xavi

Soal Gaya Mainnya, Xavi: Ini Demi Mempertahankan Hidup
Xavi © FCB

Bola.net - Legenda Barcelona Xavi mengatakan bahwa gaya mainnya terlahir dari sebuah proses adaptasi karena ia tak punya kekuatan atau kecepatan.

Xavi dikenal sebagai salah satu playmaker terhebat dalam sejarah Barca. Begitu pula dengan timnas Spanyol.

Ia bisa mengatur tempo dengan baik. Ia punya visi permainan yang luar biasa dan yang lebih hebat lagi, ia bisa memberikan umpan-umpan yang sangat terukur.

Hebatnya lagi, meski tak punya kecepatan atau kekuatan, lawan sangat kesulitan untuk bisa merebut bola dari kakinya. Bahkan ketika ia dikerubungi lebih dari satu pemain.

"Gaya saya bermain? Ini murni demi kelangsungan hidup. Saya mencoba mengendalikan ruang dan waktu. Saya tidak punya skill menawan atau kuat, jadi saya akan kalah setiap kali menghadapi lawan," serunya pada La Vanguardia.

"Membalikkan tubuh saya, saya mendapatkan waktu pada bola, mengangkat kepala saya dan melihat rekan tim mana yang bisa saya beri umpan," ujar Xavi.

"Saya seorang pengumpan. Saya mengkompensasikan kelambatan saya dengan mencoba menjadi yang tercepat secara mental. Saya mulai melakukannya saat masih kecil dan berhutang pada La Masia," tutupnya.

Di sepanjang karirnya bersama Barcelona, Xavi telah tampil sebanyak 745 kali di semua ajang kompetisi. Ia mencetak 84 gol dan 164 assist.