FOLLOW US:


Starting XI Belum Pasti, Zidane Rotasi Skuad Madrid Lagi?

17-10-2020 04:00

 | Richard Andreas

Starting XI Belum Pasti, Zidane Rotasi Skuad Madrid Lagi?
Duel Real Madrid vs Real Valladolid, La Liga 2020/21. © AP Photo

Bola.net - Musim 2020/21 sudah berjalan beberapa pekan, Real Madrid belum juga menemukan pijakan stabil. Zinedine Zidane masih asyik mengutak-atik skuadnya.

Ya, Zidane sudah menggunakan 21 dari 25 pemain Los Blancos dalam empat pertandingan La Liga musim ini. Itu pun empat nama yang tersisa tidak dimainkan karena cedera.

Formasi Madrid pun terus berganti, dari 4-3-3, 4-3-1-2, juga 4-4-2 diamond. Zidane masih mencari komposisi terbaik, dan sepertinya belum akan berhenti.

Mengapa demikian? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2

Pentingnya rotasi

Sekilas, utak-atik taktik ala Zidane itu menunjukkan ketidaksiapannya dalam meramu tim, tapi sebenarnya ada alasan kuat di balik itu.

Zidane menegaskan pentingnya rotasi untuk timnya yang menghadapi jadwal begitu padat, baik untuk klub maupun di level internasional.

"Musim berjalan sangat panjang dan kami perlu melakukan rotasi. Kami punya banyak pemain bagus yang bisa mengubah banyak hal," buka Zidane di laman RealMadrid.

"Pemain-pemain kami tidak pernah beristirahat, mereka tidak pernah berhenti."

2 dari 2

Terbukti menang

Juga, Zidane berkata bahwa rotasi itu tidak masalah asalkan Madrid masih menang, dan sejauh ini terbukti demikian. Dia merotasi skuad hanya untuk menjaga kebugaran setiap pemain.

"Mereka baru saja pergi membela tim nasional dan sekarang akan menghadapi tujuh pertandingan beruntun," sambung Zidane.

"Setelahnya, mereka akan kembali membela timnas dan kembali lagi menghadapi setumpuk pertandingan."

"Kami sudah membuktikan bahwa kami bisa menang meski jadwal begitu padat, tapi semua pemain harus siap dirotasi," tandasnya.

Zidane tidak bicara sembarang soal jadwal padat. Madrid akan menghadapi Barcelona dan Inter Milan dalam beberapa pekan ke depan yang bakal sulit.

Sumber: Real Madrid