FOLLOW US:


Super League Bikin Messi Limbung di Barcelona

20-04-2021 06:20

 | Richard Andreas

Super League Bikin Messi Limbung di Barcelona
Ekspresi Lionel Messi saat Barcelona tumbang di El Clasico, Minggu (11/4/2021) © AP Photo

Bola.net - Deklarasi European Super League menambah satu lapis ketidakpastian lagi di atas masa depan Lionel Messi di Barcelona. Tidak ada yang menjamin Messi akan meneken kontrak baru.

Perihal kontrak baru Messi ini sudah jadi kekhawatiran utama sejak beberapa bulan terakhir. Juni 2021 mendatang, kontrak Messi bakal kedaluwarsa dan dia berhak pergi ke mana pun.

Messi juga sudah dirayu sejumlah klub top seperti Manchester City dan PSG. Dia tidak akan kehabisan opsi jika memutuskan meninggalkan Barcelona.

Kini, European Super League (ESL) membuat situasinya kian rumit bagi Barcelona. Mengapa begitu?

1 dari 2

Diskusi kontrak baru

Messi sempat memberontak, batal pergi, lalu memutuskan menunggu hingga akhir musim sebelum membuat keputusan final. Dia masih sangat mungkin meninggalkan Barca.

Messi diyakini akan bertemu dengan Barcelona bersama ayahnya, Jorge. Mereka akan berdiskusi dan menimbang opsi yang tersedia usai Barca memutuskan bergabung dengan Super League.

Menjadi bagian dari Super League sangat menguntungkan bagi Barcelona. Hanya dengan berpartisipasi saja Barca bisa mendapatkan 300 juta euro.

Dengan uang itu, Barca bisa menutupi masalah finansial mereka dan membangun proyek baru untuk mempertahankan Messi.

2 dari 2

Ambisi di tim nasional

Masalahnya, Messi juga harus mempertimbangkan ambisinya di tim nasional. Kabarnya pemain yang tampil di Super League akan dilarang membela timnas, termasuk di turnamen mayor.

Artinya Messi mungkin tidak akan membela Argentina lagi, padahal mereka akan segera menghadapi kompetisi krusial Copa America dan Piala Dunia dalam 18 bulan ke depan.

Keputusan ada di tangan Messi, tentu ini pilihan berat. Terlebih, andai meninggalkan Barca pun opsinya tidak cukup banyak bagi Messi.

Hampir semua klub besar terlibat di Super League, Messi tidak punya banyak pilihan.

Sumber: Marca