FOLLOW US:


Takefusa Kubo Sebenarnya Idolakan Messi dan Penggemar Berat Barcelona

28-10-2019 00:10

 | Dimas Ardi Prasetya

Takefusa Kubo Sebenarnya Idolakan Messi dan Penggemar Berat Barcelona
Pemain Real Madrid, Takefusa Kubo ketika berlatih bersama Timnas Jepang © AP Photo

Bola.net - Eks pelatih Takefusa Kubo di Kawasaki Frontale, Kuniaki Ishikawa, mengungkapkan bahwa sang wonderkid sangat mengidolakan Lionel Messi dan fans berat Barcelona.

Kubo mengawali karir sepak bolanya di akademi klub FC Persimmon. Ia juga sempat menimba ilmu di klub Tokyo Verdy dari tahun 2008 hingga 2010.

Setelah itu, ia pindah ke Kawasaki Frontale. Ia bertahan sebentar saja di klub tersebut karena Barcelona kemudian memboyongnya gabung akademi La Masia.

Akan tetapi, Kubo terpaksa meninggalkan Barca pada tahun 2015. Sebab Blaugrana ketahuan telah melanggar kebijakan transfer internasional FIFA untuk remaja di bawah 18 tahun, membuat Kubo tidak memenuhi syarat untuk bermain bagi tim Catalan itu.

Kubo pun balik ke Jepang. Ia lantas gabung FC Tokyo U-18 pada tahun 2016. Ia sempat dipinjamkan ke Yokohama Marinos sebelum akhirnya direkrut oleh Real Madrid pada musim panas 2019.

1 dari 2

Kenali Bakat Kubo

Ishikawa ditanya apakah ia tahu bahwa kubo punya potensi menjadi seorang bintang besar saat melatihnya dahulu. Ia pun mengaggukkan kepalanya.

"Tidak butuh waktu lama untuk melihat [bakat besarnya]. Faktanya, sebenarnya kita sudah tahu sejak awal, semua orang memperhatikannya. Mustahil untuk tidak melakukannya," ungkapnya kepada AS.

Ishikawa menambahkan, Kubo kecil dari dahulu sudah punya mimpi bermain di Eropa. Lebih tepatnya ke negeri Matador. Kubo disebutnya sangat serius ingin pindah ke Spanyol sampai-sampai ia pun ikut les bahasa negara tersebut.

"Sejak kecil ia sudah ingin menjadi pemain top dan pergi ke Spanyol. Ia bahkan belajar bahasa Spanyol karena hal ini. Ia bermain sangat bagus dan juga mencari cara untuk meningkatkan permainannya," serunya.

2 dari 2

Messi dan Barcelona

Ishikawa mengungkapkan bahwa Kubo kecil sudah punya target klub mana yang ingin ia perkuat. Pada akhirnya ia disebutnya memilih Barcelona.

Sebab di sana ada pemain yang sangat ia idolakan yakni Lionel Messi. Kubo sendiri akhirnya mencontek gaya main La Puga di atas lapangan.

"Sejak ia muda ia akan menonton banyak cuplikan pertandingan Barcelona. Ia mencintai Messi. Karena alasan ini, ketika ia bermain bersama kami, ia mencoba untuk menguasai bola lebih dari siapa pun. Ia sudah memiliki gaya itu."

Pertanyaan yang jelas muncul kemudian adalah: "Apakah Kubo penggemar Barcelona?"

"Iya!" tegas Ishikawa.

Takefusa Kubo saat ini terikat kontrak lima tahun dengan Real Madrid. Sekarang ia gabung dengan Real Mallorca dengan status pinjaman selama semusim.

(as)