FOLLOW US:


Terkait Neymargate, Presiden Barca Terancam Penjara

24-03-2015 05:49

 | Sandro Rosell

Terkait Neymargate, Presiden Barca Terancam Penjara
Josep Maria Bartomeu © AFP
Bola.netBola.net - Kasus transfer Neymar benar-benar membuat Barcelona repot. Mereka mendapat tuntutan hukum dari banyak pihak lantaran banyaknya hal yang ditutup-tutupi dalam transfer tersebut.

Neymar menjadi rebutan banyak klub kaya dan Barca akhirnya sukses mendapatkannya dengan berbagai deal tersembunyi. Barca hanya membayar 17,1 juta euro untuk pengganti kontrak Neymar. Mereka lalu mengumumkan menghabiskan 57,1 juta euro, dan angka ini lah yang dilaporkan ke Otoritas Pajak Spanyol.

Namun nyatanya Barca harus mengeluarkan sekitar 90 juta euro, sekitar 70 juta di antaranya diberikan kepada ayah Neymar dengan berbagai macam alasan. Barca pun dinilai sudah melakukan pelanggaran karena tidak melaporkan angka sebenarnya dari transfer Neymar. Artinya Barca tidak membayar pajak yang seharusnya.

Sandro Rosell dan Josep Maria Bartomeu membantah tuduhan itu meski sempat membayar sekitar 13 juta euro untuk menghentikan kasus ini. Namun penyelidikan terus berlanjut dan menurut Caden Ser, jaksa penuntut sudah menyiapkan tuntutan agar hakim menghukum Rosell tujuh tahun penjara sementara Bartomeu dua setengah tahun penjara.

Meski terus mengaku tak bersalah, pihak Barca kabarnya sudah mempersiapkan 33 juta euro tambahan sebagai kompensasi kerugian pajak negara. Dengan dana itu, Barca berharap agar Presiden dan mantan Presiden mereka lepas dari hukuman.