FOLLOW US:


Termasuk Lord Braithwaite, Ini Penggawa Barcelona yang Paling Kerap Buang Peluang

19-05-2021 10:57

 | Gia Yuda Pradana

Termasuk Lord Braithwaite, Ini Penggawa Barcelona yang Paling Kerap Buang Peluang
Martin Braithwaite © FC Barcelona

Bola.net - Barcelona dipastikan terlempar dari persaingan dalam memperebutkan gelar La Liga musim 2020/2021. Peluang Los Blaugrana dipastikan tertutup usai menelan kekalahan kala menjamu Celta Vigo, Minggu (16/05) lalu.

Dalam laga yang dihelat di Camp Nou tersebut, Barca unggul lebih dulu melalui Lionel Messi. Namun, mereka justru harus menelan kekalahan melalui dua gol Santi Mina.

Dengan kekalahan ini, Barcelona mengoleksi 76 poin dari 37 pertandingan. Paling bagus, dengan raihan ini, mereka hanya akan bisa menempati peringkat ketiga di klasemen akhir nanti.

Secara statistik, kegagalan Barcelona ini tak lepas dari kerapnya mereka membuang peluang yang dimiliki. Mubazirnya peluang-peluang Barcelona ini berpengaruh terhadap raihan kemenangan dan pundi-pundi poin mereka.

Di antara para penggawa Barcelona musim ini, ada sejumlah pemain yang paling kerap menyia-nyiakan peluang mereka miliki. Siapa saja para pemain tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5

Clement Lenglet

Clement Lenglet
Clement Lenglet © AP Photo

Lenglet memang merupakan pemain belakang. Namun, pemain asal Prancis ini kerap maju membantu serangan timnya, terutama dalam situasi bola mati.

Sepanjang musim ini, Lenglet sempat bermain 33 kali. Dalam 2477 menit berlaga, pemain berusia 25 tahun ini memiliki sejumlah peluang untuk membobol gawang lawan. Laman Understat menyebut bahwa sejauh ini Lenglet memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 2,40.

Namun, dari peluang bernilai xG 2,40 ini, Lenglet hanya mampu mencetak satu gol.

2 dari 5

Pedri

Pedri
Pemain muda Barcelona, Pedri Gonzalez © AP Photo

Pedri berada di posisi empat dalam daftar pemain Barcelona yang paling kerap menyia-nyiakan peluang pada musim ini.

Winger muda Barcelona ini sempat bermain 2442 menit. Dalam 37 pertandingan ini, Pedri mampu mencetak tiga gol ke gawang lawan.

Namun, semestinya, Pedri mampu mencetak lebih banyak gol lagi. Laman Understat mencatat bahwa pemain ini memiliki nilai xG sebesar 5,03.

3 dari 5

Philippe Coutinho

Philippe Coutinho
Pemain Barcelona, Philippe Coutinho © AP Photo

Musim ini, Coutinho memang tak banyak bermain. Pemain asal Brasil ini hanya sempat bermain dalam 12 laga. Namun, dari 667 menit bermainnya ini, Coutinho mampu mencetak dua gol bagi timnya.

Coutinho sendiri sejatinya mampu mencetak lebih banyak gol lagi bagi timnya jika bisa lebih tajam memanfaatkan peluang. Pasalnya, peluang yang ia miliki cukup banyak. Laman Understat mencatat bahwa nilai xG Coutinho pada musim ini mencapai 4,29.

4 dari 5

Frenkie de Jong

Frenkie de Jong
Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong. © AP Photo

Frenkie de Jong berada di posisi dua dalam daftar pemain Barcelona yang kerap menyia-nyiakan peluang pada musim ini.

Gelandang asal Belanda ini sempat bermain dalam 36 laga di ajang La Liga musim 2020/2021. Hasilnya, dalam 3084 menit bermain, ia mampu menyumbang tiga gol.

Kendati tergolong apik bagi sosok gelandang, De Jong sejatinya bisa lebih produktif lagi dalam mencetak gol. Pasalnya, menurut laman Understat, ia memiliki nilai xG sebesar 5,63.

5 dari 5

Martin Braithwaite

Martin Braithwaite
Pemain Barcelona, Martin Braithwaite © AP Photo

Peringkat teratas dalam daftar pemain Barcelona yang paling kerap membuang peluang yang dimiliki ditempati oleh Martin Braithwaite. Pemain asal Denmark ini tak dijuluki Lord tanpa sebab.

Sepanjang musim ini, Lord Braithwaite sempat tampil 28 kali. Dalam 1099 menit bermainnya, penyerang asal Denmark ini sempat mencetak dua gol.

Catatan ini tergolong minim, terutama jika dibandingkan dengan kualitas peluang yang dimiliki Braithwaite. Laman Understat mencatat bahwa nilai Braithwaite sejauh ini mencapai angka 6,00. Angka ini menjadikannya sebagai salah satu pemain Barcelona dengan kualitas peluang tertinggi pada musim ini, di bawah Lionel Messi dan Antoine Griezmann.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)