FOLLOW US:


Termasuk Mantan Pelatih Timnas Indonesia, 5 Pemain ini Pernah Membela Real Madrid dan Barcelona

23-10-2020 18:10

 | Serafin Unus Pasi

Termasuk Mantan Pelatih Timnas Indonesia, 5 Pemain ini Pernah Membela Real Madrid dan Barcelona
La Liga, Barcelona vs Real Madrid © Bola.net

Bola.net - Seteru abadi, Real Madrid dan Barcelona akan bertemu pekan ini. Laga yang bertajuk El Clasico itu akan digelar di markas Barcelona, Camp Nou, Sabtu (24/10/2020) malam WIB.

Kedua tim terbaik La Liga tersebut sudah terlibat persaingan sengit selama bertahun-tahun. Laga yang diselimuti tensi tinggi itu selalu menghadirkan kontroversi baik di dalam dan luar lapangan.

Walaupun persaingan Real Madrid dan Barcelona begitu kental. Tetapi ada banyak pemain yang pernah membela kedua tim dalam sepanjang kariernya sepak bolanya.

Tentu kontroversi tersebut semakin jelas membuat aroma persaingan di El Clasico semakin memanas. Berikut lima pemain yang pernah bermain untuk Real Madrid dan Barcelona.

Selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5

1. Luis Milla

1. Luis Milla
Luis Milla © AG2018

Sejatinya Luis Milla adalah produk asli akademi Barcelona. Namun, ia mengalami pasang surut karier semasa di Barcelona. Setelah sempat mencoba bertahan, tetapi akhirnya Milla pun hijrah ke rival abadi Blaugrana, Real Madrid pada tahun 1990.

Ketika itu, El Real memboyongnya dengan status free transfer. Tujuh tahun berseragam Madrid, eks pelatih timnas Indonesia tersebut mencatatkan 206 penampilan di semua kompetisi dan hanya membukukan empat gol.

2 dari 5

2. Ronaldo Nazario

2. Ronaldo Nazario
Ronaldo saat masih bermain bagi Barcelona. © FCB

Ronaldo hanya satu tahun membela Barcelona, tepatnya pada tahun 1996/97. Walaupun hanya semusim bersama Blaugrana, Ronaldo tampil impresif dengan 47 gol dari 49 pertandingan di semua kompetisi sebelum hengkang ke Inter Milan.

Tak diduga ternyata setelah lima tahun di Serie A, pemenang dua Ballon d'Or itu kembali ke La Liga dengan berseragam Real Madrid. Kala itu, Ronaldo diboyong Madrid dengan mahar 45 juta euro.

3 dari 5

3. Luis Figo

3. Luis Figo
Luis Figo © PA

Luis Figo bisa dibilang menjadi pemain yang mempunyai kenangan buruk dengan Real Madrid dan Barcelona. Karena, transfernya ke Real Madrid pada tahun 2000 memicu tragedi yang pahit.

Ketika itu, berlabuhnya Figo dari Barcelona ke rival abadinya, Madrid memicu kemarahan para fans. Sampai-sampai, legenda sepak bola Portugal tersebut pernah dilempar kepala babi oleh fans Blaugrana di El Clasico pada tahun 2002.

4 dari 5

4. Luis Enrique

4. Luis Enrique
Luis Enrique © Ist

Luis Enrique pernah membela Real Madrid selama lima tahun periode 1991-1996. Setelah lima tahun di Santiago Bernabeu, Enrique pun memutuskan berseragam Barcelona pada tahun 1996.

Pemilik 61 caps timnas Spanyol itu membela Blaugrana selama delapan tahun sekaligus gantung sepatu di Barca. Prestasi Enrique di Barcelona lebih mentereng dibanding ketika dirinya bersama Madrid. Total ia menyumbang tujuh trofi selama berseragam Azulgrana.

5 dari 5

5. Samuel Eto?o

Samuel Eto'o lebih dulu berseragam Real Madrid. Namun, penyerang asal Kamerun itu gagal bersinar dengan Los Blancos. Ia hanya mencatatkan tujuh penampilan bersama Madrid, sebelum akhirnya bersinar dengan Real Mallorca.

Bersinar bareng Mallorca membuat Barcelona memboyong Eto'o pada tahun 2004. Tidak disangka, bersama Barca karier Eto'o pun melejit. Lima tahun di Camp Nou, Eto'o mengoleksi 130 gol dari 199 penampilan.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Hendra Wijaya)