FOLLOW US:


Thibaut Courtois Maju Saat Corner, Manfaatkan Tinggi Badan dan Tanpa Izin Zidane

16-12-2019 10:13

 | Asad Arifin

Thibaut Courtois Maju Saat Corner, Manfaatkan Tinggi Badan dan Tanpa Izin Zidane
Aksi Thibaut Courtois yang membantu Real Madrid mengamankan hasil imbang kontra Valencia. © AP Photo

Bola.net - Penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois memantik perhatian karena dia maju ketika mendapat corner atau tendangan sudut. Rupanya, aksi itu dilakukan tanpa meminta izin kepada Zinedine Zidane.

Real Madrid berjumpa Valencia pada laga pekan ke-17 La Liga 2019/2020, Senin (16/12/2019) dini hari WIB. Laga yang digelar di Stadion Mestalla tersebut berakhir dengan skor imbang 2-2.

Valencia lebih dulu unggul pada menit 78. Carlos Soler mencetak gol usai menerima umpan Daniel Wass. Real Madrid akhirnya menyamakan kedudukan pada menit 90+5, melalui aksi Karim Benzema.

Gol Karim Benzema tidak lepas dari peran besar Courtois yang ikut maju ke depan. Kiper asal Belgia tersebut menyundul bola tendangan sudut dan mampu digagalkan kiper. Bola mental disambar Benzema untuk menjadi gol.

1 dari 2

Pengakuan Courtois

Real Madrid mendapat tendangan sudut pada menit-menit akhir saat berjumpa Valencia. Courtois kemudian maju ke depan, masuk ke area kotak penalti. Dia mengaku percaya diri maju karena tinggi badannya yang menjulang jika dibanding pemain lain.

"Saya memanfaatkan tinggi badan saya untuk menggapai tendangan sudut," kata Courtois dikutip dari Marca.

"Tinggi badan saya dua meter dan lawan menjadi gugup jika saya naik ke depan. Toni [Kroos] mengirim umpan ke tiang dekat, saya melihat bola mencapai ketinggian saya dan saya menyundul dengan baik," imbuh Courtois.

Berdasar tayangan ulang, juga foto momen tersebut, nampak Courtois memang lebih tinggi dibanding pemain lain. Dia juga mampu melakukan duel dengan baik hingga menjangkau bola lebih dulu dibanding pemain Valencia lainnya.

"Kemudian bola jatuh ke arah Benzema dan dia mencetak gol," kata Courtois.

2 dari 2

Tanpa Izin Zinedine Zidane

Tanpa Izin Zinedine Zidane
Zinedine Zidane, Real Madrid © AP Photo

Aksi seorang penjaga gawang maju ke depan mengandung resiko yang besar. Biasanya, penjaga gawang harus lebih dulu meminta izin kepada pelatih untuk melakukannya. Tetapi, hal itu tidak berlaku bagi Courtois. Dia tidak meminta izin.

"Courtois memutuskan untuk naik dan ini menunjukkan bahwa kami menginginkan lebih, bahwa kami tidak pernah menyerah," ucap pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Hasil imbang melawan Valencia membuat Real Madrid tetap bersaing ketat dengan Barcelona di klasemen La Liga. Kedua tim sama-sama mendapatkan 35 poin, tetapi Barcelona unggul dari sisi produkktivitas gol.

Sumber: Marca