FOLLOW US:


Zidane Sudah Bebaskan Madrid Dari Ketergantungan Ronaldo

29-01-2020 20:18

 | Dimas Ardi Prasetya

Zidane Sudah Bebaskan Madrid Dari Ketergantungan Ronaldo
Real Madrid ketika menang dengan skor 0-1 atas Real Valladolid pada pekan ke-21 La Liga, Senin (27/1/2020) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Dulu Real Madrid sangat mengandalkan seorang Cristiano Ronaldo untuk mencetak gol akan tetapi Zinedine Zidane kini telah berhasil menghapus ketergantungan itu.

Ronaldo adalah sosok monster haus gol dan sudah mencetak ratusan gol bagi Los Blancos. Ia pun menjadi momok bagi lawan-lawan Madrid.

Selama hampir satu dekade, Madrid terus mengandalkan ketajamannya di depan gawang. Akibatnya setelah Ronaldo hengkang ke Juventus, El Real kesulitan mencetak banyak gol.

Mereka pun kesulitan untuk bisa mengharapkan seorang Gareth Bale yang kerap cedera. Memang masih ada Karim Benzema, namun ia tampak tak bisa menyamai level keganasan Ronaldo.

Namun kini setelah satu setengah musim, ketergantungan itu tampak mulai hilang. Sebab skuat Real Madrid kini mampu mencetak gol dari berbagai lini.

1 dari 2

Tanggung Jawab Bersama

Beban mencetak gol itu kini tak hanya ditimpakan kepada satu orang saja. Zinedine Zidane telah berhasil membuat Real Madrid mampu mencetak gol dari berbagai lini.

Bukti terbarunya adalah gol yang berasal dari upaya Nacho Fernandez. Sang bek berhasil membawa Madrid menang 1-0 saat bertandang ke markas Real Valladolid pada akhir pekan kemarin.

Dengan kontribusi dari Nacho itu, Zinedine Zidane kini telah menyaksikan 18 pemain dari timnya merayakan setidaknya satu gol musim ini. Ini adalah faktor yang membuat Los Blancos naik kembali ke puncak klasemen La Liga, sembari melanjutkan upaya mereka untuk memenangkan trofi Copa del Rey yang langka dan trofi Liga Champions. Kini semua pemain berbagi tanggung jawab yang sama dalam urusan mencetak gol dalam tim Madrid.

Penyebaran gol Real Madrid ini lebih baik dibanding rival liga terdekat mereka yakni Barcelona (14 pemain). Mereka juga lebih baik dari Sevilla (15 pemain) dan Getafe (11 pemain).

Saat ini top skor Real Madrid adalah Karim Benzema dengan torehan 16 gol. Pemain yang paling mendekati catatannya adalah Rodrygo dengan raihan enam gol, disusul oleh Sergio Ramos dan Luka Modric yang sama-sama menyumbangkan lima gol.

Toni Kroos dan Casemiro sama-sama menyumbangkan empat gol. Raphael Varane serta Gareth Bale baru mencetak tiga gol, sementara Fede Valverde dan Vinicius sama-sama mengoleksi dua gol.

Ada delapan pemain Madrid yang saat ini sama-sama mengoleksi satu gol. Mereka adalah Nacho Fernandes, Dani Carvajal, Isco, Eden Hazard, Lucas Vazquez, James Rodriguez, dan Brahim Diaz. Total kini Madrid kini telah mengemas 58 gol di semua ajang kompetisi (gol bunuh diri Unionistas tidak masuk hitungan).

2 dari 2

Pemain yang Belum Sumbangkan Gol

Di La Liga pemain di posisi 'non-striker' memiliki dampak paling besar. Saat ini kita belum melihat seorang penyerang mencetak gol secara reguler di kompetisi domestik selama satu setengah bulan, sejak Benzema terakhir membantu Madrid mendapat poin di Mestalla. Sejak pertandingan sebelum Natal pada 15 Desember, lima pertandingan dan enam gol telah berlalu tanpa ada penyerang menambah pundi-pundi gol mereka.

Striker Prancis itu tetap menjadi pencetak gol terbanyak untuk Real Madrid, dengan catatan 16 gol, jauh di atas Rodrygo dengan catatan enam gol. Dan itu dengan sendirinya menceritakan kisah tentang tanggung jawab yang ditanggung bersama di Madrid. Mereka yang masih belum bergabung dengan brigade pencetak gol adalah Eder Militao, Marcelo, Benjamin Mendy dan Marco Asensio.

Untuk Asensio, ia memang tak bisa berbuat apa pun karena mengalami cedera dalam jangka panjang. Namun demikian masih ada waktu untuk dirinya dan ketiga pemain lain itu untuk bisa mencatatkan gol di sisa musim ini.

Saat ini Real Madrid berada di peringkat pertama klasemen sementara La Liga. Pasukan Zinedine Zidane mengoleksi 46 poin dari 21 laga, unggul tiga poin dari Barcelona yang ada di peringkat ketiga.

(as)