3 Faktor Kemenangan Timnas Indonesia lawan Timor Leste: Depan Tajam, Tengah Sudah Kreatif?

Asad Arifin | 11 Mei 2022 08:18
Timnas Indonesia U-23 merayakan gol Egy Maulana Vikri (tengah) ke gawang Timor Leste, Selasa (10/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Timnas Indonesia meraih kemenangan penting saat berjumpa Timor Leste pada laga kedua Grup A SEA Games 2021. Pada duel di Stadion Viet Tri, Selasa (10/5/2022) malam WIB, Garuda Muda menang dengan skor 4-1.

Empat gol Timnas Indonesia U-23 disumbang oleh Egy Maulana Vikri (15’), Fachruddin Aryanto 58’), dan dua lainnya diborong oleh Witan Sulaeman (52’ dan 76’). Sedangkan Timor Leste sempat membalas lewat Mouzinho (69’).

Timnas Indonesia U-23 sempat dihukum penalti di menit ketiga akibat pelanggaran yang dilakukan Marc Klok. Beruntung, eksekusi penalti Mouzinho berhasil ditepis oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Ini merupakan kemenangan pertama yang didapat oleh Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021. Sebelumnya, skuat arahan Shin Tae-yong itu takluk 0-3 dari tuan rumah Vietnam, Jumat (6/5/2022).

Tambahan tiga poin tidak mengubah posisi Timnas Indonesia U-23 di urutan keempat klasemen sementara SEA Games 2021. Skuat Garuda Muda masih tertinggal satu angka dari Filipina dan Vietnam.

Lantas, faktor apa saja yang membuat pasukan Shin Tae-yong bisa menang atas Timor Leste? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Pertahanan Solid

Duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho saat bermain di SEA Games 2021 (c) Ikhwan Yanuar

Di menit-menit awal, Timor Leste tampil menekan dan langsung tancap gas menyerang pertahanan Timnas Indonesia U-23. Hal ini sempat membuat barisan pertahanan Tim Merah Putih kerepotan sampai melahirkan penalti.

Apa yang dilakukan Ernando dengan penyelamatannya membuat lini belakang tampil lebih solid dan percaya diri. Mereka mampu mematahkan serangan lawan sebelum akhirnya melepas tembakan ancaman.

Sayangnya, Ernando tetap harus kebobolan satu gol. Situasinya terjadi saat Timnas Indonesia U-23 sudah unggul 3-0. Lini belakang kelabakan dengan serangan balik lawan dan gagal mengantisipasinya.

2 dari 3 halaman

Aliran di Tengah Lebih Rapi

Aksi Marc Klok saat laga SEA Games 2021 antara Indonesia U-23 vs Timor Leste pada hari Selasa (10/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Timnas Indonesia U-23 benar-benar tampil mendominasi pertandingan ini. Namun, butuh waktu sampai 10 menit sejak sepak mula untuk menata permainan dan mulai membangun serangan.

Trio gelandang yang diisi oleh Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, dan Marc Klok mampu bekerja optimal. Kerja sama mereka melahirkan aliran bola yang baik untuk lini depan.

Variasi serangan juga cukup apik dengan menciptakan umpan pendek, umpan lambung, hingga umpan silang. Empat gol yang lahir juga jadi bukti bahwa aliran bola berjalan dengan baik hasil dari kerja sama yang rapi.

3 dari 3 halaman

Lini Depan Tajam

Aksi Witan Sulaeman saat laga Indonesia U-23 vs Timor Leste U-23, SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Irfan Jauhari sebenarnya didaulat sebagai striker dalam laga ini. Total, dia membukukan enam tembakan dengan dua di antaranya mengarah ke gawang. Namun, Irfan gagal mencatatkan namanya di papan skor.

Tanpanya, masih ada Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri yang aktif bergerak di sisi penyerang sayap. Dua pemain milik FK Senica ini mampu menjadi alternatif serangan yang mengejutkan buat Timor Leste.

Hasilnya, Witan dan Egy jadi bintangnya dengan gol-gol masing-masing. Dua winger ini mampu menunjukkan kualitasnya sebagai pemain yang berkarier di Eropa dengan performa ciamik di laga ini.

Disadur dari Bola.com: Aditya Wany/Hendry Wibowo, 11 Mei 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR