3 Kunci Sukses Timnas Indonesia U-17 Kalahkan Uni Emirat Arab 3-2

Ari Prayoga | 6 Oktober 2022 07:35
Bima Sakti dan Timnas Indonesia U-17 usai laga versus Umi Emirat Arab U-17, Rabu (5/10/2022) (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia U-17 sukses membungkam Uni Emirat Arab (UEA) 3-2 pada lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B. Skuad Garuda Asia menang 3-2, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (5/10/2022) malam WIB.

Timnas Indonesia U-17 berhasil mencetak gol lebih dulu via Muhammad Nabil Asyura pada menit ke-18. Dua belas menit berselang, Skuad Garuda Asia menambah keunggulan lewat Arkhan Kaka.

Namun sebelum turun minum, UEA sempat bangkit dan berhasil menyamakan kedudukan melalui Walid Mal Allah (32') dan Ghait Abdullah (40').

Pelatih Bima sakti lantas memasukkan Jenan Palevi pada awal babak kedua. Keputusan tersebut terbukti jitu setelah sang pemain berhasil turut berkontribusi untuk gol kedua Arkhan Kaka pada menit ke-54.

Tim tamu langsung bereaksi dengan memasukkan pemain-pemain tipe menyerang setelah kebobolan untuk ketiga kalinya. Namun, hingga akhir pertandingan, tak ada gol lain yang tercipta di pertandingan ini.

Kemenangan Timnas Indonesia U-17 patut disyukuri. Meski ada beberapa kelemahan yang berhasil diekspose pemain lawan, mereka juga mampu menunjukkan kekuatan dalam permainan mereka.

Berikut kunci kemenangan Timnas Indonesia U-17 atas UEA pada Rabu malam:

1 dari 4 halaman

Pressing Tinggi

Duel timnas Indonesia U-17 vs Uni Emirat Arab U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Instruksi menekan sejak area permainan lawan terbukti mampu menjadi satu kunci sukses Timnas Indonesia U-17 di pertandingan ini. Uni Emirat Arab rupanya cukup kedodoran saat mendapatkan tekanan tinggi.

Sesaat setelah lawan kehilangan bola di tengah lapangan, Tim Garuda Asia langsung melakukan serangan frontal. Pertahanan Uni Emirat Arab berantakan sehingga menghasilkan dua gol bagi tuan rumah di babak pertama.

Menghadapi lawan yang juga berasal dari Timur Tengah, Palestina, pada laga ketiga, Jumat (7/10/2022), mereka mungkin bisa melakukan pendekatan serupa. Terbukti cara ini terbilang efektif dalam pertandingan malam ini.

2 dari 4 halaman

Memanfaatkan Ruang Antarlini

Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Satu hal lain yang bisa dilihat dari permainan Timnas Indonesia U-17 pada pertandingan kali ini adalah betapa sering mereka melakukan umpan vertikal langsung. Dalam beberapa momen, mereka mampu mengokupansi lubang di ruang antarlini.

Arkhan Kaka yang ditempatkan sebagai penyerang tengah, sering mengisi kerenggangan antara pemain belakang dan gelandang Uni Emirat Arab. Inilah yang kita lihat saat terciptanya gol-gol yang dicetak pemain asal klub Persis Solo itu.

Ia berhasil menciptakan ruang untuk dirinya sendiri saat bermain satu dua sentuhan dengan rekannya. Brace yang dibuatnya tercipta dengan pola serangan yang identik.

3 dari 4 halaman

Berani Menguasai Bola

Muhammad Nabil Asyura (kanan) merayakan golnya ke gawang Uni Emirat Arab U-17, Rabu (5/10/2022) (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Timnas Indonesia U-17 sejatinya memiliki skill individual yang cukup apik. Namun sayangnya, mereka kerap keder saat menghadapi lawan-lawan yang lebih tangguh.

Namun, dalam pertandingan ini, Arkhan Kaka dkk. tak lagi takut menghadapi lawan yang punya nama besar. Mereka terlihat percaya diri saat menangani bola, baik saat berada di kaki lawan ataupun saat menguasai si kulit bundar.

Keberhasilan mendominasi lawannya hingga 52 persen juga berpengaruh kepada permainan. Mereka akhirnya mampu meminimalkan perkembangan permainan Uni Emirat Arab dalam pertandingan tersebut.

4 dari 4 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Hasil

3 Oktober 2022

Guam vs Timnas Indonesia U-17 (skor 0-14)
5 Oktober 2022

Timnas Indonesia U-17 vs UEA (skor 3-2)

Jadwal

7 Oktober 2022

20.00 WIB - Palestina vs Timnas Indonesia U-17
9 Oktober 2022

20.00 WIB - Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia

Disadur dari: Bola.com (Wahyu Pratama, Benediktus Gerendo Pradigdo) 6 Oktober 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR