5 Fakta Arkhan Kaka, Mesin Gol Timnas Indonesia U-17 yang Pernah Dicoret Bima Sakti

Serafin Unus Pasi | 4 Oktober 2022 17:43
5 Fakta Arkhan Kaka, Mesin Gol Timnas Indonesia U-17 yang Pernah Dicoret Bima Sakti
Timnas Indonesia U-17 merayakan gol Arkhan Kaka ke gawang Guam, Senin (3/10/2022) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Arkhan Kaka Putra Purwanto menjadi bintang kemenangan Timnas Indonesia U-17 ketika membantai Guam di grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Dia mencetak quattrick untuk kemenangan Garuda Asia.

Arkhan Kaka secara berturut-turut membobol gawang Guam pada menit 8', 11', 26' dan 35'. Dia membantu Timnas Indonesia U-17 menang dengan skor telak 14-0 di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin (03/10/2022).

Sosok Arkhan Kaka telah menjadi sorotan sejak ajang Piala AFF U-16 2022. Dia menunjukkan ketajamannya bersama Garuda Asia sejak fase grup hingga perebutan gelar juara.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang sosok Arkhan Kaka, berikut 5 fakta yang dirangkum Bola.net dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Anak Eks Penyerang Timnas

Arkhan Kaka Putra Purwanto merupakan pemain kelahiran Blitar, 2 September 2007. Bakat sebagai penyerang menurun dari ayahnya, Purwanto Suwondo.

Purwanto Suwondo cukup malang melintang di sejumlah klub tanah air. Dia pernah membela Persebaya, Arema, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Semen Padang dan beberapa klub lain.

Purwanto Suwondo juga pernah menjadi penyerang andalan Timnas Indonesia. Dia pernah tampil di sejumlah kejuaraan internasional seperti SEA Games.

2 dari 5 halaman

Pernah Gabung PSBK Blitar

Arkhan Kaka pertama kali menimba ilmu sepak bola di SSB Mitra Tunas Muda Blitar. Pada tahun 2019, dia juga tercatat sebagai bagian dari PSBK Blitar U-13.

Kaka kemudian bergabung dengan tim Elite Pro Academy U-16. Dia diandalkan tim junior The Guardians pada Elite Pro Academy 2021.

Terhitung pada Februari 2022, Arkhan Kaka bergabung dengan tim junior Persis Solo.

3 dari 5 halaman

Kontrak Jangka Panjang

Arkhan Kaka tampaknya dipersiapkan untuk menjadi penyerang masa depan Persis Solo. Dia mendapat kontrak jangka panjang dari tim berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut.

Kaka diikat dengan durasi kontrak selama 5 tahun. Dilansir Transfermarkt, kontraknya baru akan berakhir pada 21 Februari 2027 mendatang.

Arkhan Kaka juga dipromosikan ke tim yang lebih senior oleh Persis Solo. Dia akan dipersiapkan untuk Elita Pro Academy U-20 2022.

4 dari 5 halaman

Top Skor EPA U-16

Arkhan Kaka pernah mencatatkan statistik mentereng bersama Bhayangkara U-16. Dia menjadi top skor kedua Elite Pro Academy U-16 2021.

Pada ajang tersebut, Arkhan Kaka mampu membukukan sebanyak 9 gol sepanjang turnamen. Namun langkah Bhayangkara FC hanya sampai babak perempat final.

Bhayangkara FC gagal melaju ke semifinal setelah kalah dari PSM Makassar U-16. Mereka takluk dengan skor mencolok 3-5.

5 dari 5 halaman

Pernah Dicoret Bima Sakti

Sebelum menjadi andalan Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka sebenarnya pernah tersingkir dalam proses seleksi. Dia dicoret oleh Bima Sakti pada seleksi awal untuk skuad Piala AFF U-16 2022.

Akan tetapi, Arkhan Kaka mampu mencuri perhatian pelatih asal Balikpapan itu setelah tampil moncer bersama Bhayangkara U-16. Dia menjadi top skor kedua EPA U-16 dengan 9 gol.

Karena itu, Bima Sakti kembali memanggil Arkhan Kaka. Kebetulan, seleksi Timnas Indonesia U-16 kala itu menggunakan sistem promosi - degradasi.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR