5 Fakta Timnas Curacao, Ranking 84 FIFA, Pernah Dibantai Bahrain

Richard Andreas | 24 September 2022 06:00
Kapten Timnas Curacao, Cuco Martina menjakani sesi konferensi pers jelang laga FIFA Match Day kontra Timnas Indonesia di Bandung, Jumat (23/06/2022). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Timnas Indonesia akan menjajal Curacao pada FIFA Matchday September 2022. Kedua kesebelasan bakal melakoni pertandingan uji coba sebanyak dua kali.

Pertemuan pertama akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/09/2022) nanti. Tiga hari setelahnya, mereka bakal bersua di Stadion Pakansari.

Timnas Curacao akan menjadi lawan yang berat karena dari sisi ranking FIFA, mereka jauh di atas Indonesia. La Familia Azul juga dihuni banyak pemain berkualitas.

Akan tetapi, Curacao juga pernah dikalahkan oleh timnas negara yang berada di bawahnya dalam ranking FIFA. Mereka dibantai Bahrain dalam laga persahabatan tahun lalu.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Timnas Curacao, berikut 5 fakta yang dirangkum Bola.net dari berbagai sumber.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Ranking FIFA

Berdasarkan ranking FIFA per tanggal 25 Agustus 2022, Timnas Curacao menempati peringkat 84. Mereka berada satu strip di bawah Guinea.

Posisi tersebut jauh lebih baik dari Indonesia yang masih berada di peringkat 155. Akan tetapi, jika menang, posisi Timnas Indonesia dalam peringkat FIFA akan terangkat.

2 dari 5 halaman

Anggota CONCACAF

Curacao merupakan negara kepulauan yang berada di Laut Karibia. Mereka tergabung dalam sub-konfederasi Caribbean Football Union (CFU).

CFU sendiri merupakan anggota dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia atau CONCACAF.

3 dari 5 halaman

Juara Caribbean Cup 2017

Timnas Curacao mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (21/9/2022) malam WIB (c) Twitter/@@Curacaofootbal1

Timnas Curacao pernah mengukir prestasi mentereng di level sub-konfederasi. Pada tahun 2017, La Familia Azul mampu menjuarai Caribbean Cup yang diadakan oleh CFU.

Curacao menjadi juara Caribbean Cup edisi 19 tersebut setelah mengalahkan Timnas Jamaika di final. Mereka menang dengan skor 2-1 pada 27 Juni 2017.

4 dari 5 halaman

Pemain Berkualitas

Timnas Curacao dihuni banyak pemain berpengalaman yang mentas di kompetisi Eropa, terutama di Liga Belanda. Seperti penjaga gawang Tyrick Bodak dan Jeremy Antonisse yang merupakan bagian dari PSV Eindhoven U-21.

Ada juga Vurnon Anita yang pernah membela Ajax Amsterdam. Gelandang 33 tahun tersebut juga sempat bermain untuk Newcastle United dan Leeds United di Liga Inggris.

5 dari 5 halaman

Dibantai Bahrain

Timnas Curacao pernah dibantai Bahrain dalam laga persahabatan yang berlangsung 6 Oktober 2021. La Familia Azul takluk dengan skor telak 0-4 di Bahrain National Stadium.

Padahal, saat itu dari sisi ranking FIFA, Bahrain jauh di bawah Curacao. Berdasarkan data per tanggal 16 September 2021, Bahrain menempati peringkat 91 dan Curacao 79.

(Mustopa Elabdy/Bola.net)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR