5 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Kunci di Piala AFF 2020

Serafin Unus Pasi | 1 Desember 2021 21:43
Timnas Indonesia kala beruji coba versus Afghanistan, Selasa (16/11/2021) (c) PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia akan tampil di Piala AFF 2020. Turnamen antar negara di Asia Tenggara itu akan berlangsung di Singapura mulai tanggal 5 Desember mendatang.

Skuad Garuda sendiri tergabung di grup B. Anak asuh Shin Tae-yong akan berhadapan dengan Kamboja, Laos, Malaysia dan Vietnam.

Untuk menatap Piala AFF 2020, PSSI sudah mendaftarkan 30 pemain. Termasuk Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott yang sempat diragukan bisa membela tim Merah Putih.

Namun, dari 30 pemain yang didaftarkan, ada 5 pemain yang diprediksi akan menjadi pemain kunci di Piala AFF 2020. Mereka kemungkinan akan selalu menjadi andalan Shin Tae-yong.

Penasaran siapa saja pemain tersebut? Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Egy Maulana Vikri

Pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (c) Bola.com/Yoppy Renato

Egy Maulana Vikri bisa menjadi salah satu pemain kunci Timnas Indonesia untuk meraih hasil bagus di Piala AFF 2020. Dia sudah ditempa di Benua Eropa dalam empat musim terakhir.

Egy juga tengah berada dalam performa terbaiknya bersama FK Senica di liga maupun Piala Slovakia. Dia sudah menyumbang 2 gol dan 4 assist dari 12 kali penampilannya.

Jangan lupa, Egy juga pernah menjadi top skor pada Piala AFF U-18. Dia membukukan total 8 gol dan mengantar Timnas Indonesia juara ketiga.

2 dari 5 halaman

Witan Sulaeman

Gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, merayakan golnya ke gawang Antalyaspor, Minggu (28/11/2021) malam WIB. (c) Twitter PSSI

Sama-sama bermain di Eropa, Witan Sulaeman bisa diandalkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dia juga terus menunjukkan penampilan impresifnya sejak tampil di kualifikasi Piala Asia.

Karena itu, pemain Lechia Gdansk tersebut selalu menjadi pilihan Shin Tae-yong untuk mensupport lini serang skuad Garuda. Dia juga sudah menyumbang dua gol dalam tiga laga uji coba terakhir Timnas Indonesia.

Salah satu yang menjadi kelebihan Witan Sulaeman karena dia punya kecepatan dan mampu menggiring bola dengan baik. Dia juga punya kemampuan menciptakan peluang dan umpan gol.

3 dari 5 halaman

Evan Dimas

Selebrasi Evan Dimas usai mencetak gol dalam duel Thailand vs Timnas Indonesia, Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) PSSI

Evan Dimas Darmono merupakan salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia. Tak heran, dia selalu menjadi andalan di lini tengah Skuad Garuda sejak melakoni debut pada tahun 2014.

Evan Dimas punya atribut yang lengkap sebagai gelandang tengah. Dia mampu mengatur serangan dan sangat piawai mendistribusikan bola ke berbagai sisi lapangan.

Dia juga sangat piawai mencetak gol. Dalam beberapa pertandingan terakhir timnas Indonesia, dia juga kerap mencatatkan namanya di papan skor. Evan Dimas juga pernah membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF U-19 2013.

4 dari 5 halaman

Ricky Kambuaya

Aksi pemain Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, dalam laga uji coba melawan Afghanistan pada Selasa (16/11/2021). (c) AP Photo

Meski berstatus debutan, Ricky Kambuaya langsung bersinar bersama Timnas Indonesia. Salah satunya ketika skuad Garuda menghadapi Chinese Taipei pada Kualifikasi Piala Asia.

Gelandang Persebaya Surabaya itu juga selalu mencetak gol dalam dua uji coba terakhir Timnas Indonesia. Dia juga selalu diandalkan oleh Shin Tae-yong.

Salah satu yang menjadi kelebihan Ricky Kambuaya adalah kemampuan dribbling bola yang sangat baik. Dia juga mampu memotong serangan lawan.

5 dari 5 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott saat latihan bersama Timnas Indonesia di Lapangan Stadion Madya, Rabu (10/11/2021) (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Kehadiran Elkan Baggott akan memperkokoh pertahanan timnas Indonesia. Itu sudah dibuktikan ketika dia menjalani debut dengan tim senior pada laga melawan Afghanistan.

Elkan Baggott mencatatkan statistik mentereng pada laga tersebut. Tampil selama 74 menit, bek Ipswich Town tersebut melakukan 4 intersep dan 5 sapuan, akurasi umpannya juga sampai 97 persen.

Elkan Baggott juga punya postur yang bagus. Sehingga, dia bisa unggul ketika melakukan duel udara.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR