6 Pemain Termuda Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Marselino Ferdinan Baru 18 Tahun Lho!

Asad Arifin | 9 Desember 2022 10:53
6 Pemain Termuda Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Marselino Ferdinan Baru 18 Tahun Lho!
Ekspresi Marselino Ferdinan usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 (c) Ikhwan Yanuar

Bola.net - Daftar 6 pemain paling muda di skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Marselino Ferdinan menjadi pemain paling muda dari 28 pemain yang dipilih pelatih Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022.

Seperti yang sudah-sudah, Shin Tae-yong memberi banyak kesempatan bagi pemain muda untuk membela Timnas Indonesia. Namun, bukan berarti pelatih asal Korea Selatan itu 'alergi' dengan pemain senior atau uzur.

Saat ini, ada tiga pemain berusia 30 tahun atau lebih di Timnas Indonesia. Tiga pemain tersebut adalah Ilija Spasojevic (35), Fachruddin Aryanto (33), dan Jordi Amat (30). Mereka akan membaur dengan banyak pemain muda.

Ada enam pemain di skuad Timnas Indonesia yang usianya 20 tahun atau di bawahnya. Di antara pemain itu, ada pemain yang sudah jadi pilihan utama di Timnas Indonesia. Siapa saja para pemain muda tersebut?

Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 7 halaman

Pratama Arhan

Pratama Arhan

Aksi Pratama Arhan dalam laga Timnas Indonesia vs Curacao, Selasa (27/9/2022) (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Jangan salah, Pratama Arhan masih masuk daftar pemain paling muda Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Saat ini, pemain Tokyo Verdy masih berusia 20 tahun dan menjadi pemain termuda ke-6 di skuad Timnas Indonesia.

Pratama Arhan akan menginjak usia 21 pada 21 Desember nanti. Dua hari setelah ulang tahunnya, Arhan akan membela Timnas Indonesia pada laga melawan Kamboja. Ini adalah laga pertama Skuad Garuda di Piala AFF 2022.

Usia Pratama Arhan memang masih sangat muda. Namun, pengalamannya membela Timnas Indonesia sudah cukup panjang. Arhan punya 22 caps dan telah mencetak tiga gol untuk Indonesia.

2 dari 7 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott

Aksi Elkan Baggott pada laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. (c) Bagaskara Lazuardi

Baggott masuk dalam daftar pemain paling muda Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Bek yang membela Gillingham FC itu baru berusia 20 tahun. Ulang tahun ke-20 dirayakan Baggott pada Oktober lalu.

Baggott bermain secara reguler bersama Gillingham FC. Walau terseok-seok di League Two, Baggott mampu membawa The Gills meraih hasil bagus di Carabao Cup dan Piala FA.

Hanya saja, Baggott tidak bisa bergabung dengan latihan Timnas Indonesia. Bahkan, Baggott dilaporkan tak bisa bermain pada fase grup Piala AFF 2022 nanti.

3 dari 7 halaman

Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta

Aksi Ramadhan Sananta bersama Timnas Indonesia pada laga uji coba melawan Curacao (c) Bagaskara Lazuardi

Sananta memberi harapan baru regenerasi penyerang tengah Timnas Indonesia. Sananta tampil bagus bersama PSM Makassar di BRI Liga 1 2022/2023, mencetak tiga gol dari tujuh laga.

Sananta baru merayakan ulang tahun ke-20 pada November lalu. Pada usianya yang masih muda, Sananta sudah punya dua caps bersama Timnas Indonesia. Dia dimainkan pada dua laga uji coba lawan Curacao.

Sananta belum menunjukkan performa yang optimal pada laga tersebut. Namun, dengan pengalaman dan tangan dingin Shin Tae-yong, Sananta bisa menjadi pemain yang menjanjikan.

4 dari 7 halaman

Dzaky Asraf

Dzaky Asraf mungkin belum cukup familiar bagi publik sepak bola Indonesia. Maklum, karier Dzaky Asraf pada level senior baru dimulai pada musim 2022/2023 bersama PSM Makassar.

Dzaky Asraf belum pernah membela Timnas Indonesia, baik di level senior maupun kelompok usia pada laga resmi. Namanya mencuat usai ikut traning camp (TC) Indonesia U-20 di Turki dan Spanyol.

Dzaky Asraf berposisi sebagai winger kiri. Dia telah menunjukkan kualitas di PSM Makassar dan Indonesia U-20. Dzaky bisa jadi kejutan di Piala AFF 2022 nanti.

5 dari 7 halaman

Muhammad Ferarri

Muhammad Ferarri

Kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri. (c) AP Photo

Ferarri secara mengejutkan masuk skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Sebab, selain usia yang masih muda, ada persaingan sangat ketat di posisi bek tengah.

Ferarri baru berusia 19 tahun. Dia baru punya satu caps bersama Timnas Indonesia. Ferarri mendapatkan caps pertama itu ketika Indonesia melakukan uji coba lawan Curacao, September lalu. Ferarri bermain selama 17 menit.

Walau muda dan minim pengalaman, Ferarri tak bisa dianggap remeh. Ferarri adalah kapten Indonesia U-20. Ferarri juga sudah bermain untuk tim senior Persija Jakarta.

6 dari 7 halaman

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan

Aksi pemain Timnas Indonesia U-19 Marselino Ferdinan saat melawan Vietnam pada Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar Harun

Marselino menjadi pemain paling muda di skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Saat ini, pemain Perebaya Surabaya itu baru berusia 18 tahun. Ulang tahun ke-18 dirayakannya pada September lalu.

Walau masih sangat muda, Marselino punya jam terbang yang lumayang bersama Timnas Indonesia. Memulai debut pada usia 17 tahuh, 4 bulan, dan 18 hari, Marselino sudah punya tujuh caps dan satu gol.

Marselino juga pernah membela Indonesia pada kelompok umur, U-19 dan U-23. Saat ini, Marselino masih bisa membela tim kelompok usia tersebut.

7 dari 7 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Timnas Indonesia merayakan gol Fachruddin Aryanto ke gawang Curacao, Sabtu (24/9/2022) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Kiper: Nadeo Arga Winata, Syahrul Trisna, Muhammad Riyandi

Belakang: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Tengah: Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri

Depan: Muhammad Rafli, Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Ramadhan Sananta, Ilija Spasojevic

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR