9 Pemain yang Gacor di BRI Liga 1 Tapi Tidak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Asad Arifin | 18 Januari 2022 15:56
BRI Liga 1: Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Shin Tae-yong memanggil 27 pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia pada pemusatan latihan di Bali. Menariknya, ada sejumlah pemain yang bersinar di BRI Liga 1 2021/2022 tapi tidak dipanggil.

Timnas Indonesia akan menjalani sesi pemusatan latihan di Bali pada 19-28 Januari 2022. Nantinya, Indonesia juga akan menjalani dua laga uji coba melawan Timor Leste yang digelar di Stadion I Wayan Dipta.

Shin Tae-yong membuat sejumlah kejutan pada 27 pemain yang dipanggil. Dua pemain muda, Ronaldo Kwateh dan Merselino Ferdinan dipanggil. Lalu, ada nama Adi Satryo dan Ahmad Figo yang diberi kesempatan.

Tapi, ada juga nama-nama yang tampil bagus di BRI Liga 1 tetapi belum mendapat kesempatan dari Shin Tae-yong. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 10 halaman

Ricky Fajrin

Bek Bali United, Ricky Fajrin (c) Bola.com/Yoppy Renato

Ricky menunjukkan performa yang sangat apik belakangan ini. Pemain 26 tahun itu telah bangkit dari cedera dan kembali menjadi pilihan utama di Bali United untuk posisi bek kiri.

Ricky telah mencetak dua gol dan tiga assist dari 17 penampilan di BRI Liga 1. Tapi, eks andalan Luis Milla itu kalah bersaing dengan Pratama Arhan dan Edo Febriansyah.

2 dari 10 halaman

Ilija Spasojevic

BRI Liga 1: Pemain Bali United, Illija Spasojevic (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Lagi-lagi, Spasojevic tidak masuk dalam skuad Timnas Indonesia. Padahal, jika yang dihitung adalah jumlah gol, Spasojevic jauh di atas penyerang Timnas Indonesia lain.

Spasojevic adalah top skor sementara BRI Liga 1. Pemain Bali United itu telah mencetak 14 gol. Tampaknya, Shin Tae-yong teguh pada keputusan awalnya bahwa pemain naturalisasi itu tidak sesuai dengan skema bermainnya.

3 dari 10 halaman

Septian David Maulana

BRI Liga 1: Pemain PSIS Semarang, Septian David Maulana (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Septian David adalah pemain andalan Timnas Indonesia pada era Luis Milla. Tapi, dia belum mendapat kesempatan pada era Shin Tae-yong. Padahal, performa Septian David mulai membaik bersama PSIS Semarang.

Septian David hanya sekali absen dari 20 laga yang dimainkan PSIS di BRI Liga 1. Eks pemain Mitra Kukar itu mencetak dua gol dan lima assist. Tapi, itu belum cukup untuk memikat Shin Tae-yong.

4 dari 10 halaman

Bagas Kaffa

Bagas Kaffa (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Tidak dipanggilnya Asnawi Mangkualam dan Marckho Sandy harusnya bisa membuat Bagas Kaffa punya peluang ke Timnas Indonesia. Tapi, pemain muda Barito Putera itu belum dilirik Shin Tae-yong.

Bagas Kaffa menjadi andalan Barito Putera di BRI Liga 1. Dia hanya sekali absen dari 19 laga yang dimainkan Laskar Antasari, membuat dua assist dan satu gol. Bagas beberapa kali terpilih dalam starting XI terbaik BRI Liga 1 versi LIB.

5 dari 10 halaman

Riko Simanjuntak

Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak (kiri) dan pemain Persebaya Surabaya, Muhammad Hidayat berebut bola saat laga pekan 9 BRI Liga 1 2021, Selasa (26/10/2021). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Riko menjadi pemain yang sangat vital bagi Persija Jakarta di BRI Liga 1. Dia tidak tergantikan di posisi winger dan performanya sangat bagus. Tapi, Riko tidak dilirik Shin Tae-yong.

Riko telah mencetak tujuh assist di BRI Liga 1. Paling banyak dibanding pemain lainnya di BRI Liga 1, sejajar dengan Taise Marukawa. Riko punya kecepatan dan dribel yang sangat bagus.

6 dari 10 halaman

Hanif Sjahbandi

BRI Liga 1: Pemain Arema FC, Hanif Sjahbandi (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Kesuksesan Arema FC bersaing di papan atas klasemen BRI Liga 1 tentu tidak lepas dari peran Hanif. Pemain 24 tahun itu hanya sekali absen dari 20 laga yang sudah dijalani Singo Edan.

Hanif punya kemampuan memutus serangan dan build-up yang bagus. Dia pernah jadi andalan Shin Tae-yong, tetapi belakangan ditepikan. Hanif kalah bersaing dengan Rachmat Irianto dan Syahrian Abimanyu.

7 dari 10 halaman

Bagas Adi Nugroho

Bagas Adi Nugroho (c) Arema FC Official

Arema FC baru kebobolan 13 gol dari 20 laga di BRI Liga 1. Singo Edan jadi salah satu tim dengan pertahanan terbaik. Catatan ini tidak lepas dari performa apik Bagas Adi.

Bagas Adi bermain sangat konsisten. Dia selalu menjadi andalan bagi pelatih Eduardo Almeydia di Arema FC. Bagas Adi juga punya kelebihan dalam eksekusi bola mati.

8 dari 10 halaman

Dimas Drajad

BRI Liga 1: Pemain Persikabo 1973, Ciro Alves dan Dimas Drajad (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Jika dibanding penyerang-penyerang yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, jumlah gol Dimas Drajad di BRI Liga 1 jauh lebih banyak. Pemain Persikabo 1973 itu telah mencetak enam gol.

Dimas Drajad baru berusia 24 dan punya karakter yang ngotot. Musim ini, eks pemain Persegres Gresik United itu mampu bersaing dengan pemain depan Persikabo dan merebut posisi di tim utama.

9 dari 10 halaman

Beto Goncalves

Selebrasi pemain Persis Solo, Alberto Beto Goncalves (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Khusus untuk Beto Gonchalves, yang dihitung bukan penampilannya di BRI Liga 1. Sebab, Beto baru bergabung dengan Madura United pada putaran kedua BRI Liga 1.

Beto tampil sangat bagus bersama Persis Solo di Liga 2. Selain membawa Laskar Sambernyawa meraih gelar juara, Beto juga menjadi top skor Liga 2 dengan 11 gol. Tapi, faktor usia tampaknya membuat Beto tidak dilirik Shin Tae-yong.

10 dari 10 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Timnas Indonesia di laga di leg 1 final Piala AFF 2020 melawan Thailand di National Stadium, Singapura (29/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Kiper: Muhammad Adi Satryo, Syahrul Trisna, Ernando Ari, Nadeo Argawinata

Belakang: Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Achmad Figo, Pratama Arhan, Moh Edo Febriansyah, Rizky Dwi Febrianto, Bayu Mohamad Fiqri

Gelandang: Sani Rizki, Rachmat Irianto, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Ramai Rumakiek, Irfan Jaya, Yabes Roni, Terens Puhiri

Penyerang: Dedik Setiawan, Hanis Saghara, Muhammad Rafli, Ronaldo Joybera

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR