Alasan Pemain Timnas Vietnam U-19 Sering Kram dan Tumbang: Tekanan Suporter

Asad Arifin | 3 Juli 2022 01:20
Aksi Kakang Rudianto pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam di matchday pertama Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB (c) Ikhwan Yanuar

Bola.net - Pelatih Timnas Vietnam, Dinh The Nam, mengungkap alasan megapa pasukannya sering kram pada duel melawan Timnas Indonesia. Dinh The Nam menyebut anak asuhnya mengalami tekanan psikologis yang luar biasa dari fans Indonesia.

Vietnam berjumpa Indonesia pada laga pertama Grup A Piala AFF U-19 2022, Sabtu 2 Juli 2022 malam WIB. Pada duel yang dimainkan di Stadion Patriot itu, Vietnam harus puas bermain dengan skor imbang 0-0.

Laga Vietnam vs Indonesia berjalan cukup ketat. Vietnam sempat punya peluang bagus dari aksi Nguyen Quoc Viet pada menit ke-54. Lalu, ada sepakan keras Le Van Quang Duye yang mengenai mistar gawang pada babak pertama.

Sementara, Indonesia juga memiliki beberapa kesempatan mencetak gol. Salah satunya dari sepakan Marselino Ferdinan yang mengenai mistar. Lalu, ada gol Rabbani Tasnim yang dianulir wasit karena terjadi pelanggaran lebih dulu.

Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Mengapa Pemain Vietnam Sering Kram?

Pada duel lawan Indonesia, para pemain Vietnam sering tumbang karena kram. Hal ini bukan hanya terjadi pada babak kedua, tetapi babak pertama. Bahkan, ada pemain yang harus ditarik keluar lebih cepat.

Usai laga, pelatih Dinh The Nam memberi penjelasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Vietnam tidak bermaksud untuk mengulur waktu. Tapi, para pemain dalam tekanan yang sangat kuat karena fans tuan rumah.

"Itu memang benar. Pemain Vietnam U-19 hari ini banyak yang mengalami kram," buka Dinh The Nam.

"Sebagian karena tekanan psikologis di pertandingan pertama turnamen. Para pemain masih muda, jadi mentalitas mereka sangat mempengaruhi kekuatan fisik mereka," tegas Dinh The Nam.

2 dari 3 halaman

'Teror' Suporter Timnas Indonesia

Aksi Ultras Garuda pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam di matchday pertama Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB (c) Ikhwan Yanuar

Menurut Dinh The Nam, pemain Vietnam harus menghadapi dua lawan pada duel lawan Indonesia. Lawan pertama adalah 11 pemain yang berada di lapangan. Lalu, yang kedua, puluhan ribu suporter yang berada di tribune.

"Ini adalah pertandingan pertama dan para pemain berada di bawah tekanan psikologis yang luar biasa dari para suporter yang hadir di stadion," katanya.

"Saya pikir ini adalah pertama kalinya pemain Vietnam U-19 bermain dalam situasi seperti itu, jadi mentalitas mereka sedikit banyak terpengaruh. Indonesia U-19 punya keunggulan kandang dan bermain sangat baik. Mereka memiliki kekuatan fisik, teknik, dan didukung oleh para suporter," tambah Dinh The Nam.

Sumber: 24h.com.vn

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup A

Klasemen Grup A

  • Myanmar 7-0 Brunai Darussalam (Moe Swe 15', Zaw Win Thein 28', La Min Htwe 30', Chit Aye 68', Thar Yan Win Htet 74', Ar Kar Kyaw 78', Thein Zaw Thiha 87')
  • Thailand 1-0 Filipina (Winai Aimoat 11')
  • Indonesia 0-0 Vietnam

Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022 (c) WikipediaKlasemen Grup A Piala AFF U-19 2022 (c) Wikipedia

Klasemen Grup B

Klasemen Grup B Piala AFF U-19 2022 (c) WikipediaKlasemen Grup B Piala AFF U-19 2022 (c) Wikipedia

Regulasi

Nantinya, dua tim paling atas masing-masing klasemen akan lolos ke babak semifinal. Juara Grup A akan berjumpa runner-up Grup B di babak semifinal. Sementara, juara Grup B akan berjumpa runner-up Grup A.

Tim yang menang pada babak semifinal akan berjumpa di final untuk berebut gelar juara. Sementara, tim yang kalah akan berebut posisi ketiga.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR