Ambyar! Timnas Wanita Indonesia Dibantai Australia 18-0 di Laga Perdana Piala Asia Wanita 2022

Serafin Unus Pasi | 21 Januari 2022 18:53
Aksi suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Wanita Indonesia babak belur di pertandingan perdana Piala Asia Wanita 2022. Berhadapan dengan Australia, Garuda Pertiwi dibantai dengan skor super telak 18-0.

Bermain di Mumbai Football Arena, Timnas Australia langsung tancap gas sejak awal laga. Tim besutan Tony Gustavsson itu mendominasi pertandingan sejak awal.

Benar saja, baru di sembilan menit laga berjalan Australia berhasil unggul lebih dahulu. Samantha Kerr sukses mengonversi umpan Louise van Egmond sehingga Australia unggul 1-0.

Gol Australia ini langsung menciutkan mental Garuda Pertiwi. Hanya dalam kurun waktu delapan menit pasca gol Kerr, Australia menambah keunggulan menjadi 4-0.

Kerr, Caitlin Foord dan Marry Fowler berhasil membobol gawang Indonesia yang dijaga oleh Fani Supriyanto.

Meski unggul 4-0, Australia tidak mengendorkan permainan mereka. Di menit 24 gawang Fani kembali bobol, kali ini Hayley Raso yang mencatatkan namanya di papan skor.

Di menit 26 Samantha Kerr sukses menyempurnakan hattricknya dari titik putih usai di dilanggar Diah Tri Lestari, sehingga Australia unggul 6-0.

Sempat mengimbangi permainan Australia, gawang Fani kembali jebol dua kali hanya dalam kurun waktu dua menit, di menit 34 dan 36. Elli Carpenter dan Kerr menambah keunggulan The Matildas menjadi 8-0.

Penderitaan Garuda Pertiwi di babak pertama ditutup dengan penalti Elli van Egmond yang sukses mengonversi penalti. Skor 9-0 menutup jalannya pertandingan babak pertama.

Simak Jalannya Pertandingan di babak kedua di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Meski unggul 9-0 di babak pertama, Australia tidak mengendorkan serangan mereka. The Matildas langsung tancap gas untuk menyerang Garuda Pertiwi.

Baru 10 menit pertandingan berlangsung, gawang Indonesia sudah bobol dua kali. Samantha Kerr dan Ellie Carpenter lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor pada menit 49 dan 54.

Seolah tidak ingin kalah dari Kerr, Emily van Egmond juga berhasil mencetak dua gol di menit 57 dan 59. Alhasil van Egmond juga berhasil mencatatkan hattrick dan membawa Australia unggul 13-0 atas Indonesia.

Ketertinggalan Indonesia nyaris melebar menjadi 14-0 saat Australia mendapatkan penalti di menit 61. Namun kali ini, Kerr yang ditunjuk jadi algojo gagal melakukan tugasnya dengan baik.

Gawang Indonesia kembali kebobolan tiga gol dalam jarak empat menit saja, di menit 68, 69 dan 71. Pemain pengganti, Kyah Simon mencetak brace sementara van Egmond berhasil mencetak Quattrick sehingga Australia unggul dengan skor 16-0.

Pemain pengganti Australia yang lain, Aivi Luik tidak mau ketinggalan dalam pesta gol ini. Di menit 79 ia sukses mencetak gol dan membawa Australia unggul 17-0.

Raso menjadi penutup pesta gol Australia di laga ini. Berawal dari sepak pojok, Raso yang berdiri dekat tiang Indonesia menceploskan bola ke gawang Fani. Skor 18-0 menutup jalannya pertandingan.

Berkat hasil ini, Australia memuncaki grup B Piala AFC Wanita 2022. Sementara Garuda Pertiwi harus mendekam di dasar klasemen.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

Timnas Australia Wanita (4-1-4-1): Mackenzie Arnold, Ellie Carpenter, Alanna Kennedy, Clare Polkinhhorne, Steph Catley, Clare Wheeler, Hayley Raso, Mary Fowler, Emily Van Egmond, Caitlin Foord, Sam Kerr.

Pelatih: Tony Gustavsson

Timnas Indonesia Wanita (4-4-2): Fani Supriyanto, Diah Tri Lestari, Vivi Oktavia Riski, Ade Mustikiana Oktafiani, Remini Chere Rumbewas, Octavianti Nurmalita, Baiq Amiatun Shalihah, Helsya Maeisyaroh, Pani Tri Oktavianti, Viny Silfianus Sunaryo, Zahra Muzdalifah.

Pelatih: Rudy Eka Priyambada

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR