Asnawi Buka Suara Soal Sikap Tak Sportif ke Pemain Singapura di Piala AFF 2020: Jangan Ditiru!

Ari Prayoga | 27 Januari 2022 05:55
Faris Ramli gagal menendang penalti dan dihampir Asnawi Mangkualam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar akhirnya memberikan penjelasan mengenai tindakannya memprovokasi pemain Singapura, Faris Ramli pada Piala AFF 2020 kemarin.

Dalam partai semifinal leg kedua tersebut, Timnas Indonesia akhirnya meraih kemenangan dengan skor 4-2 lewat babak extra time sekaligus lolos ke final.

Selain hujan gol, laga kedua tim juga diwarnai sejumlah drama. Mulai dari gol bunuh diri Shawal Anuar pada menit ke-91, tiga kartu merah pemain Timnas Singapura, hingga aksi tak sportif yang dilakukan Asnawi Mangkualam.

Ketika itu, Asnawi seakan mengejek Faris Ramli yang gagal mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Timnas Indonesia. Berdasarkan tayangan ulang, Asnawi seperti mengucapkan terima kasih kepada Faris.

Akibat tindakan tersebut, Asnawi Mangkualam mendapat kritikan dari berbagai pihak, dan membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berang. Bahkan, pelatih asal Korea Selatan itu dikabarkan bakal mencoret Asnawi.

Beruntung, Shin Tae-yong urung mengambil tindakan tersebut. Asnawi Mangkualam berhasil membawa Timnas Indonesia lolos hingga ke final Piala AFF 2020, tetapi akhirnya kalah agregat 2-6 dari Thailand.

1 dari 2 halaman

Penyesalan Asnawi Mangkualam

Setelah satu bulan berlalu, Asnawi Mangkualam akhirnya buka suara terkait tindakannya tersebut. Pemain berusia 22 tahun itu mengakui telah melakukan kesalahan dan aksinya tersebut tidak layak untuk ditiru.

"Ada yang ingat momen ini? Maaf kejadian ini tidak baik untuk ditiru," tulis Asnawi di akun Instagram pribadinya.

"Tetapi itu hanya spontanitas dan hanya mengucapkan terima kasih kepada Faris," lanjut bek kanan klub K-League 2, Ansan Greeners, tersebut.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR