FOLLOW US:


Bek Liga Thailand Nyaman Perankan Formasi 3-4-3 Timnas Indonesia

15-06-2019 15:45

 | Aga Deta

Bek Liga Thailand Nyaman Perankan Formasi 3-4-3 Timnas Indonesia
Yanto Basna © Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Bola.net - Formasi 3-4-3 menjadi andalan Timnas Indonesia era pelatih Simon McMenemy. Pakem tersebut sudah digunakannya saat skuat Garuda berlaga uji coba berpredikat FIFA A Matchday melawan Myanmar dan Yordania.

Namun, skema tersebut akhirnya menuai kontroversi pasca skuat Merah Putih kalah telak 1-4 dari Yordania. Terlebih, formasi 3-4-3 baru dipakai Timnas Indonesia, lantaran pelatih-pelatih sebelumnya lebih sering menggunakan pakem 4-3-3 atau 4-4-2.

Kendati demikian, salah satu bek Timnas Indonesia, Rudolof Yanto Basna mengaku tidak ada masalah dengan formasi yang diterapkan Simon. Sebab, skema tersebut membuat para pemain nyaman.

"Memang itu baru buat kami, karena timnas baru kali ini pake formasi 3-4-3. Tapi teman-teman bermain nyaman dengan formasi ini," ujar Basna.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Benahi Kekurangan

Sementara itu, kekalahan telak dari Yordania dinilai Basna merupakan pelajaran berharga bagi Timnas Indonesia. Kini, skuat Merah Putih harus melakukan evaluasi.

"Saya pikir tinggal kami benahi kekurangan, pasti ke depan jauh lebih baik," imbuh pemain yang merumput di Liga Thailand bersama Sukhothai ini.

Terdekat, Timnas Indonesia akan menjamu Vanuatu pada laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6). Bukan tidak mungkin Simon bakal kembali menggunakan formasi 3-4-3 di laga tersebut.