FOLLOW US:


Bima Sakti: Pemain Bintang Belum Tentu Berguna

21-04-2020 09:16

 | Gia Yuda Pradana

Bima Sakti: Pemain Bintang Belum Tentu Berguna
Bima Sakti © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menekankan pentingnya pembentukan karakter dalam melatih pemain muda. Itu pula yang membuatnya lebih tertarik membentuk pemain berguna daripada pemain bintang.

Bima Sakti dipercaya menukangi Timnas Indonesia U-16 sejak 2019. Dalam mengemban tugasnya, Bima Sakti dibantu oleh Indriyanto Nugroho, Firmansyah, dan Markus Haris Maulana sebagai pelatih kiper.

Menukangi pemain usia muda tentu bukan hal yang mudah. Bima Sakti mengaku dirinya tak sekadar menjalani peran sebagai pelatih, melainkan juga sebagai orang tua hingga teman.

1 dari 2

Pemain yang Berguna Bisa Menjadi Bintang

Pemain yang Berguna Bisa Menjadi Bintang
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti © Bola.net/Fitri Apriani

"Sebagai pelatih kita harus bisa menjadi orangtua terhadap pemain, kemudian menjadi teman dan guru buat mereka. Saya bersyukur bisa diberi kesempatan untuk melatih Timnas Indonesia U-16. Mereka bersama saya sejak umur 14 dan 15 tahun," kata Bima Sakti dalam sebuah wawancara di Youtube.

"Mereka harus kita latih, bukan hanya sepak bolanya saja. Paling tidak melatih untuk membentuk karakter supaya mereka menjadi pemain berguna, bukan pemain bintang. Pemain bintang belum tentu berguna, tetapi pemain berguna bisa menjadi bintang," tegas Bima Sakti.

Perlahan tetapi pasti kinerja Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16 mulai terlihat. Athallah Araihan dkk berhasil lolos ke Piala AFC U-16 2020.

2 dari 2

Tim Tangguh

Tim Tangguh
Suasana Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-16 © Bola.net/Fitri Apriani

Di bawah asuhan Bima Sakti, Timnas Indonesia U-16 menjadi tim tangguh. Dalam 11 laga yang sudah dimainkan dalam turnamen resmi, Timnas Indonesia U-16 baru kalah sekali.

Kini, tugas berat menanti Bima Sakti setelah Piala AFF U-16 2020 resmi ditunda. Bima mengaku akan melakukan langkah strategis dan mengubah programnya.

"Setelah mengetahui adanya keputusan dari AFF, serta saat membaca beritanya, saya pastinya langsung dan akan melakukan langkah strategis, dengan sedikit mengubah program ke depannya. Terutama untuk timeline, dan tentunya disesuaikan dengan jadwal turnamen nantinya," pungkas Bima.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Benediktus Gerendo Pradigdo

Published: 20 April 2020