FOLLOW US:


Bima Sakti Tidak Anti Pemain Papua di Timnas Indonesia

03-11-2018 08:40
Bima Sakti Tidak Anti Pemain Papua di Timnas Indonesia
Bima Sakti © Fitri Apriani

Bola.net - Talenta Papua kerap menghiasi, bahkan mendominasi skuat Timnas Indonesia. Tapi, kebiasaan itu tidak berlaku untuk tahun ini.

Untuk kedua kalinya secara beruntun ketika berkiprah di suatu turnamen, Timnas Indonesia tanpa pemain berdarah Papua. Di Asian Games 2018, Timnas Indonesia level U-23 nihil pemain Papua.

Begitu juga di Piala AFF 2018. Dari 24 nama yang dipanggil, tak ada satupun yang berasal dari pulau paling Timur di Indonesia itu.

"Asian Games 2018 kemarin kan juga tidak ada juga ya. Kenapa sekarang baru dipermasalahkan," ujar pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti Tukiman.

"Saya pikir sekarang yang penting kita lihat kita sama fokus, yang ada ya kita maksimalkan, bukan berarti saya antipati dengan pemain Papua, tidak," katanya menambahkan.

Pada Piala AFF 2016 lalu, ada dua pemain Papua yang memperkuat Timnas Indonesia. Keduanya adalah Yanto Basna dan Boaz Solossa.

Talenta-talenta berbakat Papua sempat mendominasi skuat Timnas Indonesia pada tahun 2000-an. Selain Boaz, sebut saja Jack Komboy, Eduard Ivakdalam, Ian Louis Kabes, Ortizan Solossa hingga Imanuel Wanggai pernah menjadi pilar penting Skuat Garuda.