FOLLOW US:


Bocor! Kombinasi Indisipliner Nurhidayat Haris: Dari Sering Ngaret, Perilaku Buruk hingga Pola Makan

02-06-2021 17:51
Bocor! Kombinasi Indisipliner Nurhidayat Haris: Dari Sering Ngaret, Perilaku Buruk hingga Pola Makan
Nurhidayat Haris. © bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - Nurhidayat Haji Haris meninggalkan Timnas Indonesia dengan cara yang memalukan. Bek berusia 22 tahun itu dipulangkan dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) karena beragam bentuk indisipliner.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mencoret Nurhidayat dari skuadnya untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Selasa (1/6/2021). Mantan pemain PSM Makassar itu telah mendarat di Tanah Air pada hari ini.

Baik PSSI dan Timnas Indonesia semula tidak merinci bentuk indisipliner Nurhidayat yang membuatnya dipulangkan oleh Shin Tae-yong.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi akhirnya menjelaskan bentuk indisipliner yang dilakukan oleh Nurhidayat. Mantan kapten Timnas Indonesia U-19 itu disebut tidak disiplin waktu dan berperilaku negatif.

"Dia sering tidak tepat waktu dan terkait attitudenya. Untuk detailnya, silakan ditanyakan ke coach Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri," ujar Yunus, kepada Bola.net, Rabu (2/6).

"Contoh perilaku negatif Nurhidayat? Saya tidak bisa sebutkan. Kurang etis kalau mempublikasikannya ke publik," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2

Membangkang terkait Makanan

Sementara itu, asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto mengatakan, salah satu bentuk indisipliner Nurhidayat yaitu melanggar peraturan terkait pola makan.

"Betul, salah satu bentuk indisipliner Nurhidayat itu adalah terkait pola makannya," ucap Nova.

Nova menuturkan, Nurhidayat tidak mengikuti perintah Shin Tae-yong dan staf pelatih Timnas Indonesia. Pemain kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan itu disebut enggan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung protein.

"Ketika Nurhidayat disuruh makan banyak protein, dia tidak mengikutinya," kata Nova.

2 dari 2

Bukan secara Diam-diam

Nova menjelaskan, pembangkangan Nurhidayat terhadap staf pelatih Timnas Indonesia dilakukan secara terang-terangan. Sebab, kekasih dari Sarah Ahmad itu menyalahi prosedur tentang makanan ketika makan bersama dengan rekan-rekannya.

"Bukan secara diam-diam karena dia makan di meja makan. Dia tidak mau mengikuti arahan staf pelatih mengenai makanan," tutur Nova.

"Kami selalu memperhatikan asupan makanan yang dimakan oleh para pemain Timnas Indonesia," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)