FOLLOW US:


BTN Belum Tahu Perjalanan Timnas U-19 Diangkat ke Layar Lebar

03-06-2014 22:03
BTN Belum Tahu Perjalanan Timnas U-19 Diangkat ke Layar Lebar
Sefdin Syaifudin © Eggi Paksha
Bola.net - Mizan Productions berinisiatif mengangkat perjuangan tim nasional Indonesia U-19 ke layar lebar. Namun sayangnya, Sekretaris Badan Tim Nasional (BTN), Sefdin Syaifudin, mengaku belum mengetahui rencana film garapan sutradara Andibachtiar Yusuf berjudul Garuda 19 tersebut.

"Selama yang main bukan pemain dan official yang sedang TC (training centre/pemusatan latihan), maka silakan saja," katanya.

BTN dan PSSI memang tengah memagari Timnas U-19. Tujuannya, untuk fokus pada target dan mengesampingkan seluruh kegiatan di luar persiapan ke putaran final Piala Asia 2014 dan ke Piala Dunia U-20 pada 2015 di Selandia Baru.

Garuda 19, dikembangkan dari dua buku terbitan Bentang Pustaka. Yaitu Semangat Membatu karya FX Rudi Gunawan dan Guntur Cahyo Utomo serta buku Menolak Menyerah Karya FX Rudi Gunawan.

Nantinya, film yang dirancang berdurasi 120 menit tersebut baru bisa dirilis pada September 2014. Andibachtiar mengatakan, lokasi pengambilan gambar dilakukan di Jakarta, Yogyakarta, Buton, Konawe (Kendari) dan Alor (Kupang).

"Sebenarnya, kami ingin melibatkan pemain, tapi semua sedang sibuk. Sementara komunikasi secara resmi dengan PSSI atau BTN, memang belum ada. Hanya saja, sudah ada pembicaraan dengan berapa pengurusnya," sabung Andibachtiar Yusuf.

Diterangkannya, film tersebut menceritakan perjuangan pembentukan Timnas U-19. Sebab, para pemain, pelatih dan masyarakat Indonesia sama-sama bermimpi memiliki sepak bola yang tangguh dan bisa memberikan harapan untuk meraih kemenangan.

"Karena itu, film ini bukan hanya menjadi penyemangat untuk terus mendukung Timnas Indonesia U-19. Melainkan, memberikan inspirasi bagi siapa saja yang ingin mendapatkan cita-citanya. Yakni, apapun bisa dicapai hanya dengan cara bekerja keras," tuntasnya.