Final Piala AFF: Shin Tae-yong Sebut Penguasaan Bola Thailand Buruk, Fakta atau Klaim?

Asad Arifin | 29 Desember 2021 12:04
Ekspresi Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia vs Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Shin Tae-yong membuat pernyataan yang cukup mengejutkan jelang laga final Piala AFF 2020. Jika biasanya Shin Tae-yong memuji calon lawannya, kali ini dia menyebut penguasaan bola Timnas Thailand tampak buruk.

Thailand akan menjadi lawan bagi Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020. Laga leg pertama akan dimainkan pada Rabu (29/12/2021) malam WIB di National Stadium. Sementara, leg kedua akan dimainkan di tempat yang sama tiga hari berselang.

Biasanya, jelang pertandingan, Shin Tae-yong selalu melempar pujian pada lawan. Hal ini dilakukan sejak fase grup, kecuali pada laga melawan Laos yang dianggap sebagai tim paling lemah di Grup B Piala AFF 2020.

1 dari 4 halaman

Penguasaan Bola Thailand Buruk

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong memberikan instruksi ketika melawan Malaysia di penyisihan grup B Piala AFF 2020. (c) AFF Suzuki Cup

Pada sebuah wawancara dengan media asal Korea Selatan, JoongAng, Shin Tae-yong memberikan analisa soal kualitas permainan Thailand. Dia menyebut Thailand lebih maju dari Indonesia, tapi punya kekurangan.

"Thailand selangkah lebih mau dari kami. Namun, mereka buruk dalam penguasaan bola. Ini terlihat saat melawan Vietnam pada semifinal pertama," ucap Shin Tae-yong dikutip dari JoongAng.

Pernyataan serupa tidak muncul pada sesi jumpa pers resmi jelang leg pertama final Piala AFF. Walau memastikan Indonesia tidak akan takut, Shin Tae-yong mengakui Thailand adalah tim yang lebih kuat.

"Secara keseluruhan tim dan pemain dari Thailand sangat baik. Jadi tidak kelihatan atau tidak terlihat pemain posisi mana yang tidak baik, karena semua pemain berkualitas," ujar Shin Tae-yong.

2 dari 4 halaman

Bikin Pelatih Thailand Bingung

Pelatih Timnas Thailand di Piala AFF 2020, Mano Polking (c) AP Photo

Pernyataan Shin Tae-yong tentang buruknya penguasaan bola Thailand kemudian dikonvrontasi pada Mano Polking saat sesi jumpa pers. Pelatih Thailand itu pun tampak bingung dengan pernyataan itu.

"Benarkah dia bilang begitu? Wah, ini mengejutkan sekali. Saya tidak tahu apakah benar dia bilang begitu," kata Mano Polking.

"Kami selalu dominan dan punya pemain tengah yang bagus dalam penguasaan bola. Laga lawan Vietnam memang sedikit berbeda. Possesion belum tentu membawa tim menang. Saya tidak percaya dengan itu, jadi tidak ada masalah," tegasnya.

3 dari 4 halaman

Menguji Pernyataan Shin Tae-yong

Pemain Thailand, Chanathip Songkrasin, mencetak gol ke gawang Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Apakah pernyataan Shin Tae-yong tentang penguasaan bola Thailand buruk itu benar? Mari kita buktikan lewat catatan statitik dari LapangBola. Thailand punya rata-rata penguasaan bola 65,0 persen di Piala AFF.

Thailand hanya kalah dari dua tim saja yakni Kamboja dengan 66,6 persen dan Vietnam dengan 65,7 persen. Sementara, Indonesia punya penguasaan bola 54,17 persen dari enam laga di Piala AFF.

Klaim Shin Tae-yong salah jika merujuk pada data di atas. Bahkan, jika secara spesifik merujuk pada laga leg kedua babak semifinal lawan Vietnam, klaim Shin pun tidak tepat. Thailand unggul penguasaan bola 56,8 persen dibanding 53,2 persen untuk Vietnam.

4 dari 4 halaman

Jadwal Final Piala AFF 2020

Rabu, 29 Desember 2021
National Stadium, Kallang
Kick-off: pukul 19.30 WIB
Siaran langsung: RCTI
Live streaming: Vidio
Link live streaming: https://www.vidio.com/categories/215-aff-suzuki-cup

Sumber: LapangBola, Affsuzukicup.com

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR