FOLLOW US:


Fisik Timnas Masih Bermasalah

14-10-2010 06:00

 | Boaz Solossa

Boaz Solossa
Boaz Solossa

Bola.net - Asisten pelatih Timnas sepak bola Indonesia, Wolfgang Pikal mengaku tim nasional masih bermasalah pada fisik pemain sehingga diperlukan pemusatan latihan kembali sebelum turun di kejuaraan Piala AFF akhir tahun 2010.

"Dari dua ujicoba internasional masih terlihat jika kondisi fisik pemain kurang maksimal. Jadi pada pemusatan latihan nanti fisik akan terus digenjot," katanya saat dikonfirmasi dari Jakarta, Rabu.

Boaz Solossa dan kawan-kawan pada pertandingan ujicoba internasional pertama di bawah asuhan Alfred Reidl melawan Uruguay di Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (8/10) harus menyerah dengan skor telak 1-7.

Sedangkan saat menghadapi timnas Maladewa di Stadion Siliwingi Bandung, Selasa (12/10 ), Firman Utina dan kawan-kawan mampu unggul 3-0 atas Timnas yang di FIFA berada di posisi 143 itu.

Menurutnya, sesuai dengan jadwal yang ada, Timnas akan menjalani pemusatan latihan 8 November nanti. Untuk saat ini seluruh pemain yang membela timnas pada pertandingan ujicoba pulang ke klubnya masing-masing.

"Memang benar. Seluruh pemain sudah kembali ke klubnya masing-masing. Mereka akan kembali dipanggil untuk melakukan pemusatan latihan lagi," kata pria yang berasal dari Austria itu.

Ditanya kondisi pemain, Pikal mengaku banyak pemain timnas yang mengalami cedera dan harus istirahat dari rutinitas salah satunya Boaz Solossa. Pada pertandingan melawan Uruguay pemain yang memperkuat Persipura itu merupakan pencipta gol pertama sebelumnya akhirnya kalah telak.

"Boaz butuh istirahat sekitar tiga pekan ke depan karena cedera engkel. Selain Boaz, Oktovianus dan Nasuha juga mengalami cedera saat pertandingan melawan Maladewa," katanya menerangkan.

Ia menjelaskan, meski banyak pemain yang cedera, pihaknya optimistis pada pemusatan latihan berikutnya bisa kembali hadir di Lapangan PSSI Jakarta untuk menjalani latihan rutin untuk mempersiapkan diri pada pertandingan berikutnya.

Timnas Indonesia sebelum turun pada Piala AFF diagendakan kembali melakukan pertandingan ujicoba internasional diantaranya melawan China, Pantai Gading, Timor Leste, LA Galaxy dan timnas Amerika Serikat.  (ant/fjr)


Komentar Pembaca (4 komentar)
hendra, Pontianak
08:33 16 Oktober 2010
mengenai kondisi lapangan antara GBK n siliwangi sm2 kualitas jelek, GBK jg rumputny gk bagus, tidak ad pantulan bola yg seimbang, rumputny aj pake tempel dan pas maen pd lepas kecabut, utk kdpnny sepakbola kt jg fokus pd kemajuan pembangunan stadion
beyenk, jakarta kota gue
22:07 14 Oktober 2010
stadion siliwangi gax pantes ngadain uji coba internasional..

lapangan keras..gax rata..

coba di senayan gue jakin timnas lebih dari 3 gol
akhmad, makassar
12:42 14 Oktober 2010
bagaimana tidak cedera rumput stadion siliwangi itu buruk sekali jelas terlihat bola memantul kurang bagus. trus stamina timnas memang harus ditingkatkan apa tim pelatih tidak memakai sistem pengukura VO2 max pemain agar diketahui pemain yg punya stamina bagus.?
akhmad, makassar
12:19 14 Oktober 2010
bagaimana tidak cedera rumput stadion siliwangi itu buruk sekali jelas terlihat bola memantul kurang bagus. trus stamina timnas memang harus ditingkatkan apa tim pelatih tidak memakai sistem pengukura VO2 max pemain agar diketahui pemain yg punya stamina bagus.?