FOLLOW US:


Gagal Kalahkan Jepang, Timnas U-19 Tetap Dinilai Membanggakan

29-10-2018 20:20
Gagal Kalahkan Jepang, Timnas U-19 Tetap Dinilai Membanggakan
Pemain Timnas Indonesia U-19 saat menyanyikan lagu Indonesia Raya jelang melawan Uni Emirat Arab U-19. © Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Bola.net - Kegagalan skuat Timnas Indonesia U-19 melaju ke Semifinal Piala AFF U-19 2019 tak membuat kebanggaan Joko Susilo pada Witan Sulaeman dan kawan-kawan tergerus. Pelatih Arema U-19 ini menilai permainan Skuat Garuda Jaya -salah satu julukan Timnas U-19 - telah sangat membanggakan.

"Memang kita belum mampu menyamai Jepang," ujar Joko Susilo, pada Bola.net, Senin (29/10).

"Namun, saya sangat senang dengan pencapaian Timnas Indonesia U-19 kemarin," sambungnya.

Menurut pria yang karib disapa Gethuk ini, Timnas U-19 memang masih belum setara dengan Jepang, terutama pada teknik individu dan team. Namun, pelatih berusia 47 tahun tersebut menambahkan, skuat besutan Indra Sjafri tersebut telah berada di jalur yang benar.

"Toh, dari semua aspek permainan kita sudah menunjukkan perkembangan pesat," tuturnya.

"Usaha dari semua komponen juga sangat bagus," pria yang saat ini sedang menempuh kursus kepelatihan AFC Pro tersebut.

Sebelumnya, Timnas Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFC U-19. Pada laga kontra Jepang, yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (28/10), mereka kalah 0-2 dari Jepang.

Dengan kekalahan ini, Timnas Indonesia gagal melaju ke Piala Dunia U-20, yang bakal dihelat di Polandia tahun depan.

Sementara itu, Gethuk mengaku optimistis dengan potensi para penggawa Timnas U-19 ini. Ia yakin ke depannya Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan bisa meriah prestasi lebih baik lagi.

"Jika kita tetap konsisten dan punya semangat sama untuk memajukan sepak bola, insyaallah, ke depan kita akan jauh lebih baik," tandasnya.